60+ Cara Berhemat yang Mudah Sehari-hari untuk Mengumpulkan Tabungan

50+ Cara Berhemat yang Mudah Sehari-hari untuk Mengumpulkan Tabungan

Di artikel sebelumnya, Cara Mendapatkan Modal Untuk Mewujudkan Mimpi, telah di share salah satu cara mendapatkan modal untuk mewujudkan mimpi adalah dengan menabung.

Menabung adalah menyisihkan sebagian dari pendapatan atau dengan kata lain berhemat, disimpan disuatu tempat sebagai dana cadangan untuk keperluan mendadak yang mendesak atau salah satu cara untuk merealisasikan impian-impian kita. Mudah diucapkan namun sulit diterapkan karena menabung membutuhkan kedisiplinan yang tinggi lo.

Kita harus berkata tidak kepada yang “enak-enak” itu. Kita harus menahan diri untuk tidak membeli hape baru selama yang lama belum rusak. Kita harus menahan malu mbontot (bawa bekal dari rumah) daripada makan di kantin bersama teman-teman. Kita juga harus mencoba memperbaiki barang yang rusak sebelum membeli penggantinya.

Tahu ga? dengan menabung, kita bisa menjadi lebih kreatif dan banyak akal. Karena menabung juga kita bisa menahan diri dan  mencukupkan dengan yang ada. Menabung bisa menghilangkan ke-agresif-an kita dan menekan ke-serakah-an kita.

Berikut adalah daftar 60+ cara berhemat yang mudah sehari-hari untuk mengumpulkan tabungan. “Mereka” dapat membuat perbedaan yang berarti dari waktu ke waktu jika kita dapat menerapkan lebih dari satu. Beberapa tips pada daftar ini hanya butuh beberapa menit, sementara yang lainnya memerlukan sedikit usaha. Namun, “mereka” semua sangat sederhana – setiap orang bisa melakukannya.

Ini dia “mereka” :

  1. Matikan televisi. Hal ini minimal akan menghemat listrik dan menjauhkan kamu dari terpengaruh oleh iklan-iklan di televisi.
  2. Menulis daftar sebelum kamu pergi berbelanja – dan menaatinya. Hal ini untuk menghindari membeli barang-barang yang sebelumnya tidak direncanakan.
  3. Mengundang teman-temanmu untuk berkumpul di rumah dibanding ke luar. Berkumpul di luar seperti di cafe misalkan dapat menghancurkan anggaran hiburanmu dalam satu kali kesempatan.
  4. Memperbaiki pakaian dibanding membuangnya. Misalkan kamu masih bisa menjahit kantung celana yang sobek ketimbang harus membuangnya.
  5. Jangan menghabiskan uang banyak untuk menghibur anak-anak (bagi yang sudah berkeluarga). Kebanyakan anak-anak, terutama mereka yang masih kecil, dapat terhibur dengan sangat murah, misalkan membelikan mereka kertas gambar dan krayon, bermain bola di halaman, berkebun atau belajar bersepeda.
  6. Tinggalkan kartu kredit dan atm mu di rumah. Dengan meninggalkan kartu kredit dan atm mu dirumah minimal kamu akan menunda atau membuatmu berpikir dua kali sebelum membeli sesuatu.
  7. Bersihkan lemari dan gudang. situs jual beli barangbekasSingkirkan barang-barang yang sudah tidak dipergunakan, dan siapa tahu terdapat barang-barang yang masih bernilai dan bisa dijual melalui situs jual beli online.
  8. Jika kamu memiliki masalah dengan tagihan kartu kredit, negosiasikan bunga kepada perusahaan kartu kredit tersebut dan aturlah keuanganmu agar melunasi hutang kartu kredit secepat mungkin.
  9. Minum lebih banyak air. Tidak hanya memberikan manfaat kesehatan yang besar namun juga membuatmu kenyang lebih lama sehingga anda akan makan lebih sedikit. Tentu saja hal ini akan menghemat pengeluaran makananmu. hehe
  10. Hindari makanan cepat saji. Dibanding membeli makanan cepat saji, lebih baik kamu memasak sendiri di rumah. Selain lebih murah, memasak di rumah akan jauh lebih sehat.
  11. Berhenti merokok. Jika kamu masih merokok, kamu harus menyadari bahwa kebiasaan tersebut tidak hanya mahal, tetapi berpotensi mematikan juga.
  12. Tukarkan buku, CD dan DVD anda di internet. Bersihkan koleksi media anda, dan tukarkan mereka dengan milik orang lain melalui situs-situs online. Semakin banyak anda membarter dengan orang lain, semakin banyak uang yang anda hemat dari waktu ke waktu, karena dengan begitu anda tidak perlu membeli yang baru.
  13. Ganti lampumu dengan lampu hemat energi seperti lampu LED. Lampu LED selain hemat energi juga lebih tahan lama.
  14. Menggunakan kipas angin dibanding AC.kipas angin AC akan menyedot listrik jauh lebih besar dibanding kipas angin. Anak Presiden saja pakai kipas angin brow.:)
  15. Memilih barang-barang berkualitas tinggi dibanding barang-barang murah. Membeli barang berkualitas tinggi memang lebih mahal, namun dalam jangka panjang akan jauh lebih hemat, karena barang-barang berkualitas tinggi memiliki masa pakai yang lebih lama.
  16. Ganti filter udara kendaraanmu. Filter udara yang bersih dapat menghemat bahan bakar hingga 7%.
  17. Rencanakan menu makananmu berdasarkan bahan-bahan yang sedang promosi di supermarket.
  18. Lakukan perbandingan harga. Temukan toko yang termurah.
  19. Hindari pengeluaran ketika anda stress. Dibanding membeli hal-hal yang tidak kamu perlukan untuk membuat perasaan anda nyaman, lebih baik mencari cara lain untuk menghilangkan stress. Olahraga selalu menjadi pilihan yang baik dan murah.
  20. Lakukan perawatan rutin peralatan dan kendaraanmu. Hal ini akan memperpanjang usia mereka dan menghemat biaya perbaikan.
  21. Matikan lampu. hemat listrikJika kamu tidak menggunakan lampu, matikanlah. Hal ini tentu saja akan menghemat tagihan listrik anda.
  22. Membeli bekas jika memungkinkan. Barang bekas tidak selamanya berkualitas rendah. Jika kamu pandai memilih, kamu bisa mendapatkan barang bekas berkualitas tinggi. Selain itu, hal ini tentu saja akan menghemat banyak dari uangmu.
  23. Menjaga kebersihan tanganmu, terutama ketika hendak memegang makanan. Hal ini akan menjauhkanmu dari bakteri dan virus yang dapat menghemat tagihan pengobatanmu dan kehilangan produktivitas.
  24. Cobalah obat generik. Saat ini obat generik memiliki kualitas yang tak kalah dengan obat umum, disamping itu memiliki harga yang jauh lebih murah.
  25. Ganti istilah asuransi jiwa. Asuransi jiwa bukanlah investasi. Pilihlah biaya asuransi jiwa yang murah, dan selisih biaya tersebut lebih baik anda gunakan untuk tabunganmu.
  26. Belilah mobil yang hemat bahan bakar dan memiliki sparepart yang tidak mahal.
  27. Hindari pergi ke mall. Jika kamu pergi jalan-jalan ke mall, minimal kamu akan membeli makanan atau minuman. Dengan tidak pergi ke mall, kamu terhindar dari godaan untuk membeli barang-barang.
  28. Bayarlah tagihan kartu kreditmu tepat pada waktunya. Jika kamu terlambat, kamu akan terkena denda. Kamu bisa menggunakan catatan atau reminder mengenai tanggal jatuh tempo tagihanmu.
  29. Hentikan berlangganan koran dan majalah. Kamu mungkin tidak menyadari bahwa berlangganan koran atau majalah yang sudah jarang kamu baca. Saat ini telah banyak informasi tersedia di internet, sehingga dengan berhenti berlangganan koran atau majalah merupakan salah satu solusi menghemat uangmu.
  30. Lakukan sarapan pagi. Selain baik untuk kesehatan, sarapan pagi dapat mencegah makan siang berlebih dan mahal.
  31. Simpan Uang Receh. 50+ Cara Berhemat yang Mudah Sehari-hari untuk Mengumpulkan Tabungan-RecehKetika melihat uang dalam pecahan kecil (apalagi uang logam), otak kita seringkali sudah terprogram bahwa uang logam tidak penting. Akibatnya kita biarkan uang-uang receh ini pergi tanpa pengawasan. Mari sedikit berlatih. Coba kumpulkan uang logam yang anda terima setiap hari dalam satu wadah selama sebulan dan lihat berapa banyak uang yang anda kumpulkan dalam sebulan.
  32. Membawa bekal dari rumah. Makan siang di luar kantor atau sekolah jelas akan membuat anggaran makan bertambah dibanding jika membawa bekal sendiri dari rumah.
  33. Belajar untuk berpakaian secara minimal. Beli pakaian yang cocok satu sama lain dan anda tidak perlu memiliki banyak pakaian. Jika kamu memiliki 5 celana, 7 kemeja dan 7 dasi yang saling cocok, sudah cukup bagimu memiliki jumlah pilihan yang tak terbatas.
  34. Belajar untuk memperbaiki segala sesuatu dengan sendiri. Dahulu hal ini merupakan kendala besar, namun saat ini dengan informasi dan video tutorial yang banyak terdapat di internet, kendala tersebut bisa teratasi.
  35. Sesuaikan tekanan angin ban kendaraanmu. Jika ban kendaraan memiliki tekanan angin dibawah dari yang direkomendasikan, dapat berdampak pada bahan bakar yang lebih boros.
  36. Menggunakan transportasi publik. kereta Dibanding menggunakan mobil, cobalah berhemat menggunakan kendaraan umum. Hal ini akan menghemat bahan bakar dan juga biaya parkir.
  37. Jangan mengebut. Mengebut akan membuat boros bahan bakar kendaraan, selain juga membahayakan keselamatanmu.
  38. Membeli rumah yang lebih kecil/sederhana. Rumah sederhana membutuhkan perabotan yang sedikit dan hal ini akan menghemat anggaranmu. Selain itu rumah kecil memiliki pajak yang rendah juga.
  39. Jangan mengeluarkan uang terlalu banyak untuk produk-produk higienis. Produk-produk higienis seperti sabun atau pasta gigi, entah itu yang berharga murah ataupun mahal, memiliki cara kerja yang kurang lebih sama. Jadi untuk apa anda menghamburkan uang untuk mendapatkan hasil yang tidak jauh berbeda.
  40. Manfaatkan program-program promosi yang ditawarkan oleh merchant. Ketika anda hendak membeli suatu produk atau jasa, carilah merchant yang sedang menawarkan program atau paket promosi.
  41. Batalkan channel-channel TV kabel yang tidak/ jarang anda tonton. Banyak orang membeli paket premium TV kabel yang sebetulnya tidak mereka butuhkan. Dengan menghapus chanel-chanel yang tidak anda tonton, akan memotong biaya berlangganan setiap bulannya.
  42. Ajak teman atau saudara untuk mendapatkan potongan harga ekstra. Beberapa merchant menawarkan potongan harga jika membeli produk dalam jumlah banyak. Kamu bisa mengajak teman atau saudara yang memiliki kebutuhan sama untuk membeli bersama-sama produk tersebut.
  43. Berolahraga teratur. Ttidak harus menjadi mahal. Kamu bisa melakukan ini bahkan di dalam rumah. Berolahraga akan membuat tubuhmu lebih sehat sehingga mengurangi risiko terkena penyakit yang akan membawa pada anggaran pengobatan yang minimal.Buatlah transfer otomatis dari rekening sehari-hari anda ke rekening tabungan atau investasi. Hal ini untuk menghindari kelupaan dan terpakainya uang tersebut.
  44. Sisihkan uang untuk ditabung berdasarkan persentase dari penghasilan bukan berdasarkan nominal. Jika penghasilanmu bertambah maka uang yang ditabung pun semakin besar.
  45. Ganti kebiasaan minum kopi di cafe dengan minum kopi buatan sendiri. Atau setidaknya membeli kopi hitam dibanding kopi latte atau cappuccino yang lebih mahal.
  46. Daftar untuk mobile banking atau internet banking. internet bankingBeberapa bank saat ini memberlakukan biaya administrasi untuk pengecekan saldo di ATM. Mengecek saldo di mobile banking atau internet banking adalah gratis. Selain itu kamu dapat menghemat waktu dengan tidak harus mengantri di ATM atau bank.
  47. Menggunakan Satu Alat Transportasi untuk Bersama. Jika kamu memiliki beberapa kenalan yang memiliki rute harian yang sama dengan waktu yang sama, serta berangkat atau pulang dengan waktu yang hampir bersamaan. Pertimbangkan untuk menggunakan satu kendaraan untuk bersama. Kamu bisa berbagi pengeluaran kendaraan bersama teman-temanmu. Tentunya ini lebih murah daripada jika harus menggunakan kendaraan pribadi menuju ke lokasi pekerjaan atau aktivitas.
  48. Kurangi Iuran Tahunan Pusat Kebugaran. Seberapa sering kamu datang ke pusat kebugaran? Biasanya kebanyakan orang membayar iuran keanggotaan karena terlihat jauh lebih murah, namun ternyata seringkali mereka tidak konsisten dalam memanfaatkan fasilitas yang diberikan. Akhirnya bisa jadi keanggotaan di pusat kebugaran itu menjadi mubazir dan sia-sia karena tidak terpakai.
  49. Kurangi Gadget di Rumah. Rata-rata rumah tangga memiliki 3 gadget di rumahnya. Dan setiap gadget biasanya harus terkoneksi dengan internet. Jika masing-masing gadget memiliki langganan jaringannya sendiri tentu ini akan menjadi pengeluaran yang berlebihan. Jika gadget tersebut tidak terlalu sering digunakan ada baiknya kita saling berbagi dalam penggunaannya.
  50. Gunakan Fasilitas Wifi Bersama. Koneksikan jaringan di rumah dengan jaringan wifi sehingga kamu cukup hanya memiliki satu jaringan internet untuk semua perangkat elektronik yang membutuhkan jaringan internet. Bahkan bisa juga kamu menggunakan satu jaringan internet untuk beberapa rumah dalam satu kawasan. Perhatikan ketentuan dari provider untuk hal ini.
  51. Budayakan ASI. Susu adalah kebutuhan utama bayi. Dan tidak ada susu terbaik bagi bayi selain air susu ibu (ASI). Dengan mengutamakan pemberian ASI kepada bayi selama masa pertumbuhan 2 tahun pertama bayi, biaya penghematan susu formula bisa dialihkan untuk investasi masa depan lainnya, seperti untuk dana pendidikan anak nantinya misalnya.
  52. Berkebun Di Rumah. indonesia berkebunMenanam sendiri buah atau sayuran kesukaan. Selain hasilnya bisa dinikmati sendiri, bisa juga sebagian hasilnya dijual. Saat ini ada komunitas-komunitas berkebun yang semakin berkembang. Sebut saja misalnya komunitas Indonesia Berkebun . Mereka mengajarkan cara memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah untuk berkebun dan sekaligus juga memanfaatkan dan memasarkan hasil dari kebun tersebut.
  53. Rekening Tabungan Tanpa Biaya Administrasi. Kurangi pengeluaran bulanan dengan memilih tabungan yang bebas biaya administrasi. Dengan fasilitas ini uang kita akan terbebas dari pengeluaran yang tidak perlu, dan bunga tabungan bisa tetap utuh menjadi milik kita.
  54. Biasakan Menawar. Kebiasaan menawar adalah kebiasaan baik. Kamu tidak pernah tahu apakah barang yang kamu lihat dan dipajang bisa dibeli dengan harga lebih murah dengan ditawar. Sayangnya masyarakat sekarang seringkali gengsi untuk menawar. Yakinlah kita bisa mendapatkan kesepakatan harga yang baik dengan pandai menawar harga.
  55. Survey Sebelum Membeli. Survey barang yang kamu butuhkan sebelum membeli. Bandingkan kualitas, harga dan jaminan setelah pembelian. Dengan internet membeli barang sekarang menjadi lebih mudah dan murah. Survey juga bisa dilakukan dengan cepat. Manfaatkan teknologi untuk mendapatkan barang yang anda inginkan. Menjadi smart shopper adalah sebuah pilihan yang bijak.
  56. TV Bersama untuk Keluarga. Ada baiknya TV diletakkan di ruang keluarga daripada berada di tiap-tiap kamar. Gunakan saat-saat menonton TV bersama keluarga sebagai saat-saat untuk bercengkrama dan mendidik anak. Di jaman yang serba sibuk ini kita sering kekurangan waktu untuk bersama keluarga. Dengan adanya TV di ruang keluarga, keluarga bisa lebih dekat dan antara anggota keluarga bisa belajar bertoleransi dalam penggunaan fasilitas bersama.
  57. Gunakan Kartu Member Belanja. Hampir semua toko modern saat ini menawarkan kartu keanggotaan belanja. Ada baiknya anda mendaftarkan diri anda untuk mendapatkan penawaran dengan harga khusus atau promo yang tidak diberikan kepada pembelanja umum.
  58. Stop Belanja Makanan Berlebihan. Lapar mata. Itu yang seringkali terjadi saat berbelanja. Kelihatannya semua bahan makanan perlu dibeli saat itu juga. Jangan lupakan makanan adalah termasuk kategori barang yang tidak bertahan lama. Lambat laun barang-barang bahan makanan itu akan membusuk jika tidak digunakan segera. Jika anda sering harus membuang bahan makanan karena busuk di tempat penyimpanan, ada baiknya anda hanya membeli tidak lebih dari yang anda butuhkan dalam jangka waktu pendek.
  59. Gunakan Gadget untuk Menghemat Komunikasi dan mencari informasi gratis. Teknologi diciptakan untuk menjadikan hidup kita lebih hemat, lebih mudah dan lebih efisien. Gunakan fasilitas komunikasi yang ada di gadget anda untuk memudahkan dan menghemat pengeluaran anda.
  60. Katakan Tidak Pada Penawaran yg Tidak Perlu atau Tidak Berguna (Meskipun Diskon). Untuk beberapa orang, menolak penawaran itu sesuatu yang sulit dan canggung. Bagi individu seperti ini memberanikan diri untuk berkata tidak pada penawaran yang tidak perlu atau tidak berguna adalah penting. Perhatikan berapa banyak barang tidak berguna yang anda miliki di rumah karena tidak bisa berkata tidak.
  61. Gunakan Air Secara Efisien. hemat airKeuntungan hidup di negeri ini adalah air ada dimana-mana. Bahkan kita bisa menikmatinya hampir sepanjang waktu. Gunakan air secara efektif untuk mengurangi pengeluaran listrik ataupun air bersih. Kamar mandi modern dengan shower lebih menghemat penggunaan air dibandingkan bak mandi.
  62. Memilih Rute Jalan. Rencanakan rute harian anda. Upayakan untuk mengelola perjalanan dalam sekali perjalanan. Dekatkan lokasi-lokasi meeting point dalam satu area yang berdekatan agar tidak hanya efisien dalam sisi waktu, tapi juga tenaga dan energi.
  63. Rawat Barang-barang dengan Baik. Anda punya koleksi tas yang mahal dan bermerk? Rawatlah baik-baik. Bukan tidak mungkin suatu saat barang tersebut bisa anda daur ulang dan bisa anda jual kembali.
  64. Hilangkan Iuran Bulanan yang Tidak Terpakai. Iuran adalah komitmen kita kepada pihak ketiga. Entah kita menggunakan atau tidak menggunakan pengeluaran ini tetap harus dilakukan. Iuran majalah yang berlebihan, iuran TV berlangganan yang tidak seluruh salurannya ditonton secara rutin, iuran pusat kebugaran yang tidak seluruhnya terpakai akan menjadi mubazir. Pilih dengan seksama iuran mana yang paling anda perlukan dalam keseharian anda untuk menunjang produktivitas atau kehidupan anda.

Tidak peduli di mana kita berada dalam perjalanan keuangan kita, kita perlu mengetahui bahwa sangat mungkin bagi siapa saja untuk mengubah kondisi keuangan mereka. Kadang-kadang semua yang diperlukan adalah langkah pertama ke arah yang benar, namun seperti kebanyakan hal, kadang-kadang langkah pertama adalah bagian tersulit.

Jelas, tidak semua tips ini akan berlaku untuk semua orang. Cukup temukan 10 atau 15 hal yang cocok untuk kamu dan gunakan dalam kehidupanmu sehari-hari. Ketika kamu melakukannya, kamu mungkin akan menemukan bahwa kamu dapat menghemat lebih banyak uang daripada yang kamu pernah pikirkan, dan hasil dari kegiatan berhemat ini bisa kamu tabung untuk merealisasikan mimpi-mimpimu bro.:)

Semangat

Ayo semangat berhemat untuk menabung!! Jadilah pribadi Mantep!! Dapatkan modalmu, raih impian-impianmu!! Kita Bisa!! 🙂

TInggalkan Komentar Mantepmu!