Wow, Ternyata Cabang Olahraga ini Penyumbang Medali Olimpiade Sejak Tahun 2000

Pada olimpiade 2016 ini, pengumuman pemenang yang berhasil membawa medali dari Indonesia yakni pada cabang angkat besi. Ternyata mereka telah memberikan kontribusinya semenjak tahun 2000. Jika dihitung, atlet angkat besi ini berhasil mengumpulkan hingga 10 medali untuk Indonesia, diantaranya:

 

Olimpiade Sydney 2000

Resized-LP1UH

Pada olimpiade ini menampilkan 8 kategori event yakni 56 kg, 62 kg, 69 kg, 77 kg, 85 kg 94 kg, 105 kg, dan lebih dari 105 kg. Dari beberapa kategori dibagi lagi khusus perempuan dan laki-laki. Pemenang dari Indonesia pada event 48 kg untuk wanita berhasil diraih oleh Raema Lisa Rumbewas dengan medali perak dan Sri Indriyani dengan medali perunggu. Pemenang medali emas pada event 48 kg ialah Tara Nott dari Amerika Serikat.

Untuk event berat 53kg untuk wanita, Winarni binti Slamet berhasil meraih medal perunggu, sedangkan pemenang medali emas yakni Yang Xia dari China, serta pemenang medali perunggu yaitu Li Fengying dari Taiwan.

 

Olimpiade Athena 2004

Resized-M79AN

Pada olimpiade ini, Raema Lisa Rumbewas saja yang berhasil membawa medali perunggu untuk kelas 53 kg angkat besi wanita. Untuk juara 1 berhasil diraih Udomporn Polsak dari Thailand, sedangkan medali perunggu oleh Mabel Mosquera dari Kolombia.

 

Olimpiade Beijing 2008

Resized-SCJT3

Pemenang di periode ini merupakan pertama kali bagi golongan pria dapat lolos menjadi pemenang. Ialah Eko Yuli Irawan mendapatkan medali perunggu di kelas 56 kg, dan Triyatno juga memperoleh medali perunggu di kelas 62kg. Peraih medali emas di kelas 56kg ialah Long Qingquan dan Hoang Anh Tuan dari Vietnam mendapatkan medali perunggu.

Atlet Cina mendapatkan medali emas untuk kelas 62kg yang bernama Zhang Xiangxiang. Pemenang medali perak berhasil Diego Salazar raih berasal dari Kolombia.

 

Olimpiade London 2012

Resized-WK6FK

Di London, angkat besi pria bisa berbangga. Pasalnya 2 putra Indonesia berhasil menorehkan medali perunggu untuk kelas 62kg dan medali perak untuk kelas 69 kg. Pemenang medali perak di kelas 62kg ialah Eko Yuli Irawan. Untuk pemenang medali perak dengan kelas yang sama ialah Oscar Figueroa dari Kolombia, dan pemenang medali emasnya yakni Kim Un-guk dari Korea Utara.

Selanjutnya pemenang perak di kelas 69kg ialah Triyatno. Pemenang medali emas di kelas yang sama ialah Lin Qinfeng dari China, serta pemenang medali perunggunya ialah Razvan Martin dari Romania.

 

Olimpiade Rio de Jainero 2016

Resized-DK1AB

Pengumuman sementara dari permainan ini di Brazil berhasil membawa 2 medali.  Untuk golongan pria, Eko Yuli Irawan berhasil menyabet medali perak di kelas 62kg. Sedangkan peraih medali emas jatuh pada Oscar Figueroa dari Kolombia serta peraih medali perunggu ialah Farkhad Kharki dari Kazakhtan.

Untuk wanita berhasil diraih Sri Wahyuni Agustiani dengan medali Perak pada kelas 48kg. Pemenang medali emasnya ialah Sopita Tanasan dari Thailand dan pemenang medali perunggunya yaitu Hiromi Miyake dari Jepang.


 

Dari uraian diatas, menunjukkan atlet angkat besi telah memberikan sumbangsih medali untuk bangsa secara konstan. Mereka tetap rendah hati walaupun menjadi pemenang berkali-kali. Jika kalian ingin tahu apa aja ciri-ciri yang menonjol di tim Indonesia pada saat Olimpiade Rio 2016, silahkan klik link ini.  Nah, saatnya kita belajar untuk menjadi maju denga memberikan kontribusi pada bangsa, seperti contoh para atlet ini yang telah mewujudkan keinginan negara untuk menang. Atlet angkat besi Indonesia, memang mantep!!

Artikel Mantep Lainnya

TInggalkan Komentar Mantepmu!