Serial Animasi Asli Indonesia Yang Pernah dan Sedang Tayang di Televisi

Serial Animasi Asli Indonesia Yang Pernah dan Sedang Tayang di Televisi - Kiko

Sekilas dulu tentang animasi yah !? makanan apa sih? hehe

Animasi berasal dari bahasa Yunani yaitu “anima” yang berarti hidup, makna harfiah dari animasi adalah memberikan kehidupan atau sifat makhluk hidup pada benda mati. Yang dimaksud disini adalah menggerakan segala benda baik itu benda mati atau hidup sehingga seolah olah terlihat hidup. Animasi adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak, dengan kata lain kita memberi sebuah “kehidupan” pada sesuatu yang tidak hidup, jadi sebuah benda terlihat “hidup” karena digerakkan.

Apakah kamu familiar dengan Mickey Mouse? Toy Story? Ice Age? Madagascar? Atau yang terbaru Minion dari Despicable Me?

Nah, kalau kamu mengenal semuanya, tahu, apalagi suka, tidak dipungkiri lagi kamu pencinta animasi atau kartun.

Animasi boleh dibilang menjadi salah satu tambang emas di dunia hiburan. Film jenis ini selalu mampu meraih jumlah penonton yang besar sekaligus menyedot keuntungan yang tak sedikit. Bagaimana tidak, dari tua, muda, remaja, anak kecil, bahkan bayi pun saat ini tertarik menonton film-film kartun ini. Ya kan?

Terus, bagaimana dengan di negara kita Indonesia tercinta?

Sejarah Animasi Indonesia  mulai diketahui sejak ditemukannya Cave Pinting yang bercerita mengenai binatang buruan atau hal-hal yang berbau mistis. Sejak tahun 1933 ternyata di Indonesia sudah banyak koran lokal yang memuat iklan Walt Disney.

Kemudian pada tahun 1955, Presiden Soekarno yang sangat menghargai seni mengirim seorang seniman bernama Dukut Hendronoto (Pak Ook) untuk belajar animasi di studio Walt Disney. Setelah belajar selama 3 bulan, ia kembali ke Indonesia dan membuat film animasi pertama bernama “Si Doel Memilih”. Film animasi 2 dimensi tentang kampanye pemilihan umum pertama di Indonesia itu menjadi awal dimulainya animasi modern di Indonesia.

Selanjutnya memang terbilang cukup lambat perkembangan animasi di Indonesia dibanding negara tetangga, entah kenapa ya? Ga usah dibahas yah?! hehe

Saat ini, di era saat ini, saat pemerintah dan pihak-pihak lain mulai mendukung usaha kreatif. Industri animasi mulai terlihat perkembangannya. Hal ini terlihat dari semakin seringnya film-film animasi karya anak bangsa yang menghiasi acara Televisi Nasional. Diantaranya :

  1. KIKO

    Serial Animasi Indonesia - Kiko

Kiko merupakan film animasi buatan studio animasi  MNC Animation, yang merupakan bagian dari MNC Pictures. Kisah KIKO mengisahkan seekor anak ikan mas koki yang sangat mandiri, walaupun ia anak tunggal. Kiko yang selalu riang memiliki empat sahabat baik yaitu Lola si ikan discuss, Ting Ting si kepiting, Patino si ikan patin dan Poli si ikan cupang. Di sisi lain, sosok antagonis, Karkus si ikan Lele dan Pupus si Belut, selalu membuat ricuh kehidupan Kiko. Film animasi KIKO ditayangkan di RCTI.

  1. ADIT & SOPO JARWO

    Serial Animasi Indonesia - Adit Sopo Jarwo

Adit dan Sopo Jarwo adalah sebuah film animasi anak-anak yang dirilis pada 27 Januari 2014 di Indonesia dan disiarkan di MNCTV. Film ini diproduksi oleh MD Animation. Film ini berisi kisah persahabatan antara Adit, Dennis, Mitha, dan Devi serta si mungil Adelya yang kehidupannya diwarnai petualangan tak terduga.  Mereka harus berhadapan dengan duo yang selalu mencari celah untuk mendapat keuntungan tanpa usaha, si Sopo Jarwo. Beruntung di antara mereka ada Haji Udin, ketua RW yang  telah menjabat selama belasan tahun. Sosok bijaksananya menjadi penengah antara Sopo Jarwo dan Adit Cs.

  1. KELUARGA SOMAT

    Serial Animasi Indonesia - Keluarga Somat

Keluarga Somat  merupakan film serial animasi Indonesia yang diproduksi oleh Dreamtoon. Film animasi ini tayang sejak 8 Juni 2013. Film ini berkisah tentang Pak Somat, seorang pegawai pabrik yang memiliki istri bernama Inah dan dua orang anak, Dudung dan Ninung. Keluarga mereka sederhana namun penuh hiruk-pikuk, keceriaan dan masalah yang biasa terjadi di kehidupan masyarakat sehari-hari. Dudung adalah anak yang malas, usil namun kreatif. Berbeda dengan Ninung yang penurut dan sopan. Ninung sering mengingatkan Dudung untuk berbuat hal baik. Dudung lebih suka bermain ketapel ketimbang belajar. Film animasi Keluarga Somat tayang di tv Indosiar.

  1. SYAMIL & DODO

    Serial Animasi Indonesia - Samil & Dodo

Film animasi Syamil dan Dodo merupakan film kartun buatan Indonesia yang diproduksi oleh PT Rumah Animasi Indonesia, yang telah berdiri sejak tahun 2003. Syamil dan Dodo adalah program kartun anak-anak yang  mengajarkan tentang agama Islam dengan tokoh  utamanya Syamil dan Dodo. Dodo digambarkan sebagai anak yang sedikit nakal, sementara Syamil sebaliknya. Walaupun begitu, mereka berdua bersahabat. Kisah dalam serial Syamil & Dodo sederhana, diangkat berdasarkan kisah sehari-hari tapi dikemas menarik dengan adegan dan cerita lucu  yang membuat anak-anak tertawa. Hal yang lebih penting adalah membantu anak-anak memahami Islam lebih mudah dan Indah. Film ini ditayangkan di televisi RTV.

  1. PETOK Si Ayam Kampung

    Serial Animasi Indonesia - Petok Si Ayam Kampung

Film animasi ‘Petok, Si Ayam Kampung’ merupakan serial animasi beraliran stop motion  yang diproduksi oleh PT Animasi Kartun Indonesia (DreamToon). Bahkan, serial ini diklaim sebagai animasi stop motion pertama karya Indonesia.  Beberapa karakter yang ditampilkan dalam serial ini, yakni  Petok, Pak Bambang, Sowang, Jalu, dan Piyik serta karakter lainnya. Serial ini ditayangkan di stasiun televisi swasta Indonesia, Indosiar yang tergabung dalam program Kartun Indonesia pada pagi hari.


Nah, sudah saatnya kita sebagai generasi bangsa Indonesia dengan dukungan pemerintah dan banyak pihak untuk semakin mendorong lahirnya karya-karya kreatif di dunia animasi ya. Banyak sekali sumber ilmu, ide dan inspirasi dari bangsa ini yang bisa dijadikan cerita film animasi.

Untuk menambah semangat kamu untuk turut berkreasi, selain serial animasi, Indonesia juga telah memiliki Film animasi yang memperoleh penghargaan di luar negeri loh.

Serial animasi Indonesia, emang mantep!!

 

Artikel Mantep Lainnya

TInggalkan Komentar Mantepmu!