3 Serba Serbi Mata Uang Rupiah Indonesia

Ada banyak sekali fakta-fakta dari mata uang negara kita dari yang belum pernah dengar hingga cukup familiar di telinga kita. Yuk kita intip salah satunya.

 

1. Kurs Rupiah terhadap Dollar Amerika

Resized-DDVM2

Mungkin kalian belum pernah tahu sejarah apa saja yang kita jumpai mengenai mata uang rupiah. Yap, rupiah memiliki fase-fase terbaik dan terburuknya dalam nilai tukar terhadap dollar Amerika. Pada tahun 1949, satu dollar sama dengan 3.8 rupiah. Wow nilai yang fantastis, bukan? Semenjak itu nilainya meroket hingga 1205 rupiah dalam 13 tahun atau tepatnya pada tahun 1962. Sepuluh tahun kemudian nilainya turun drastis menjadi 415 rupiah. Benar benar terlihat fluktuatif seperti kawula muda yang sedang galau ya, hehehe.

Pada tahun 1985 mata uang rupiah menjadi 1110 terhadap satu dollar Amerika. Tepatnya pada tahun 1999, dimana krismon melanda Indonesia, bapak presiden kita yakni Pak Habibie berhasil menekan kondisi keuangan negara menjadi 7810 rupiah, salut kami pak! Cerita selanjutnya, rupiah mengalami kemerosoton dari tahun ketahun, sehingga pada tahun 2009 menjadi 9447 rupiah dan tahun ini menjadi 13067 rupiah.

 

2. Wisata Mancanegara dengan Mata Uang dibawah Rupiah

Resized-PWB44

Negara tetangga kita, yakni Vietnam bisa menjadi salah satu tujuan wisata dari wilayah ASEAN. Keuntungan yang kita dapat bila pergi kesana yakni mendapatkan bebas visa kunjungan selama 30 hari. Untuk mendapatkan 1 dong Vietnam (VND) cukup dengan 0.6 rupiah. Kota-kota yang menarik untuk dikunjungi ialah Ho Chi Minh City, Hoi An, dan Hanoi.

Destinasi pilihan selanjutnya terletak di Afrika Tengah, yakni negara kepulauan Sao Tome dan Principe. Disana kita dapat menemukan bangunan bersejarah berupa benteng-benteng peninggalan jaman penjajahan, pulau-pulau dan pantai yang cantik. Untuk penukaran mata uang, satu dobra Sao Tome (STD) sama dengan 0.62 rupiah.

Bila ingin melancong di daerah Eropa dengan budget rendah, kita bisa jalan-jalan di negara Belarus. Negara bekas peninggalan Uni Soviet ini terletak di Eropa Timur yang berbatasan langsung dengan Rusia, Ukraina, dan Polandia. Di sana terdapat bangunan berarsitektur unik dan panorama kota yang indah dari bukit-bukit kecil. Satu rubel Belarus (BYR) sama dengan 0.68 rupiah saja, mau?

 

3. Nilai Satuan yang Ada di Indonesia selain Rupiah

Resized-WIQCL

Mungkin kalian dengar nilai satuan sen, terdengar seperti ongkos sebuah produk di novel-novel terjemahan. Yap, satu sen merupakan seperseratus rupiah. Ada bukti yang terlihat yakni terdapat koin pecahan satu dan lima sen. Selanjutnya, warga Tionghoa akrab denga satuan cepeng atau hepeng yang berasal dari kata feng. Satu cepeng bernilai seperempat dari sen. Untuk satu peser merupakan setengah sen.

Ada satuan gobang atau benggol (nama yang unik ya, hehehe) dimana bernilai dua setengah sen. Satuan ketip atau kelip atau dalam bahasa Belandanya stuiver, yakni satuan lima sen yang memiliki koin pecahannya sendiri. Satu picis sama dengan sepuluh sen, dan satu tali sama dengan seperempat rupiah atau 25 sen.


 

Dari beberapa fakta unik mata uang rupiah yang telah dijelaskan sebelumnya, yuk kita memiliki rasa semakin cinta terhadap rupiah agar selalu berjaya dibandingkan dollar Amerika. Rupiah Indonesia, emang mantap!!

TInggalkan Komentar Mantepmu!