Serba-serbi Indonesia di Olimpiade Rio 2016

Kontingen Indonesia di Upacara Pembukaan Olimpiade Rio 2016

Wah, ga terasa setelah Olimpiade London 2012 lalu, Olimpiade 2016 yang kali ini di negara Brasil sudah dimulai dengan upacara pembukaan di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil pada 5 Agustus 2016.

Melihat meriahnya upacara pembukaan yang bertemakan kelestarian lingkungan tersebut, dan terutama melihat rombongan kontingen Indonesia yang ikut berparade sambil mengibarkan bendera merah putih, tentunya jiwa kebangsaan kita tersulut dan menaruh harapan tinggi terhadap para pejuang olahraga itu untuk berprestasi dan mengharumkan nama bangsa Indonesia ya.

Di Olimpiade London 2012, Kontingen Indonesia tahun 2012 “baru” mampu berada di urutan 63 dengan mendulang satu perak dan satu perunggu yang semuanya diperoleh dari olahraga angkat besi. Wahh, olahraga angkat besi ini ternyata konsisten memperoleh medali di Olimpiade sejak tahun 2000 loh!? Dalam bahasa saya, bisa dikatakan “penyelamat muka” Indonesia di Olimpiade sejak tahun 2000.

Bagaimana di 2016 ini? Kali ini pelaksanaan Olimpiade berada pada bulan yang sama dengan bulan kemerdekaan bangsa Indonesia, tentunya harus semakin memompa semangat kontingen Indonesia untuk “berjuang” ya?! Ayo semangat merah putih!

Sebagai warga negara Indonesia, mari kita dukung dan beri semangat serta doa agar para “pejuang olahraga” kita agar bisa lebih banyak “berbicara” di pesta olahraga sejagat kali ini ya?!

Nah, dibawah ini kamu bisa mengetahui serba-serbi Indonesia di Olimpiade Rio 2016 sampai tulisan ini diterbitkan :

1. Pakaian Kontingen Indonesia di parade Pembukaan Olimpiade 2016

Serba-serbi Indonesia di Olimpiade Rio 2016 - Pakaian Kontingen Indonesia

Kontingen Indonesia dipimpin oleh pembawa bendera Maria Natalia Londa, yang merupakan atlet cabang olahraga atletik nomor lompat jauh yang memakai pakaian tradisional Bali.

Para atlet Indonesia yang mengikuti parade tersebut memakai celana panjang merah serta jas berbahan putih dengan motif batik merah. Mereka juga memakai ikat kepala atau juga disebut udeng. Pakaian kontingen Indonesia dirancang oleh Prima Suci Ariani, anggota rombongan kontingen Indonesia pada Olimpiade 2016.

Ssst.. tahu ga? USA today menempatkan Indonesia di posisi ke-8 dari 17 kostum terbaik yang digunakan pada saat pembukaan Olimpiade 2016 loh. Mantep kan?!

Ahmed al Omran, koresponden harian Wall Street Journal, menyebut kontingen Indonesia pantas memenangkan kategori pakaian paling mengesankan dalam pembukaan Olimpiade 2016. Cuitan Al Omran di Twitter kemudian dicuitkan kembali sebanyak 976 kali.

Sanjungan dari publik dunia itu sekaligus meredam nada miring dari sejumlah netizen tanah air. hihihi.. 🙂 Sebelumnya, kostum kontingen Indonesia itu sempat mendapat kritik dari berbagai kalangan, termasuk beberapa pesohor di dalam negeri. capek deh!?

Terus, bagaimana menurut kamu pakaian kontingen Indonesia di parade pembukaan Olimpiade 2016? Tulis di kolom komentar dibawah ya.:)

2. Cara menonton Olimpiade Rio 2016 dari Indonesia

Menonton olimpiade rio 2016

Tak perlu terbang ke Brasil untuk menunjukkan dukunganmu bagi para atlet yang bertanding di Olimpiade Rio 2016. Kamu bisa menonton mereka dari Indonesia melalui saluran televisi SCTV, Indosiar, dan free streaming di Vidio.com.

Pemilik hak siar Olimpiade Rio 2016 di Indonesia ini dimiliki oleh Elang Mahkota Teknologi (EMTEK), yang menaungi SCTV, Indosiar, O Channel, dan Nexmedia.

Sebagai pemilik hak siar resmi, EMTEK menayangkan siaran langsung kompetisi olahraga yang diikuti 28 atlet Indonesia dalam 7 cabang olahraga ini.

Untuk SCTV, misalnya, kamu bisa menyaksikan pertandingan sepak bola. Sedangkan untuk Indosiar, kamu bisa menonton pertandingan langsung bola basket dan voli putra serta putri mulai Minggu, 7 Agustus, pukul 02:00.

Jadwal pertandingan-pertandingan yang akan ditayangkan di Indosiar dapat kamu lihat di sini.

Beda TV, beda internet. Kamu bisa menyaksikan hampir seluruh pertandingan di Olimpiade Rio secara gratis di Vidio.com.

Situs berbagi video buatan Indonesia ini menyiarkan berbagai pertandingan, mulai dari sepak bola, akuatik (lompat indah, renang indah, renang, polo air), panahan, atletik (lompat jauh), bulu tangkis, angkat besi, sepeda (BMX dan sepeda gunung), gymnastic (artistik dan ritmik), dayung, tenis meja, taekwondo, tenis, voli, voli pantai, basket, serta tinju.

Kamu bisa menonton siaran langsung Olimpiade Rio 2016 di sini.

3. Atlet Indonesia di Olimpiade 2016

Atlet Indonesia di Olimpiade Rio 2016

Pada Olimpiade 2016 kali ini, Indonesia diwakili oleh 28 Atlet dari berbagai cabang Olahraga.

Alhamdulillah sampai tanggal 9 Agustus 2016 ini, dua atlet angkat besi Indonesia, yaitu Sri Wahyuni dan Eko Yuli Irawan telah memperoleh medali perak dan menjaga perolehan dua medali perak dari angkat besi di Olimpiade London 2012.

Sri Wahyuni meraih medali pertama Indonesia lewat kelas 48 kg putri dengan total mengangkat beban 192 kilogram, yaitu 85 kg snatch dan 107 kg clean and jerk.

Sri Wahyuni - Perak Angkat Besi

Medali kedua Indonesia diraih di cabang angkat besi, melalui Eko Yuli Irawan, yang menyabet perak di nomor 62 kg putera, Olympiade Rio 2016, Brasil.

Lifter asal Lampung itu mencatat total angkatan 312 kg, hanya enam kilogram di bawah peraih medali emas, Oscar Figueroa asal Kolombia yang mencatat 318 kg.

Eko Yuli Irawan - Perak Kedua Indonesia


Selanjutnya, mari kita doakan dan beri semangat  atlet lainya untuk turut menyumbangkan medali dan membuat bendera merah putih dan lagu Indonesia berkibar dan berkumandang di Brasil.

Kontingen Indonesia menargetkan tiga medali emas pada Olimpiade 2016. Dari tiga target medali emas itu, dua emas diharapkan pemerintah diraih oleh cabang olahraga bulu tangkis dan satu dari angkat besi. Yakin bisa!

Atlet Indonesia di olimpiade Rio 2016, emang mantep!!

Artikel Mantep Lainnya

TInggalkan Komentar Mantepmu!