Perayaan 17 Agustusan di Luar Negeri

Wah ga lama lagi Bangsa Indonesia akan merayakan hari proklamasi kemerdekaannya yang ke 71 di tahun 2016 ini.

Yup, 71 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 Ir. Soekarno membacakan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur 56 Jakarta Pusat.

Perayaan 17 Agustusan di Luar Negeri -teks proklamasi asli

Nah, bagaimana di tempat tinggalmu? Tentunya saat ini telah berlangsung lomba-lomba khas 17 Agustusan dong? Kompleks perumahan, jalan-jalan, kantor-kantor dan lain-lain  tentunya sudah berhias bendera merah putih  dan “aura” 17 Agustusan sudah sangat terasa ya.

Ternyata, tiap tahun perayaan 17 Agustusan juga dilakukan di Luar Negeri loh. Bagaimana ya perayaan 17 Agustusan di luar negeri? Yuk kita lihat pelaksanaanya di beberapa negara berikut :

1. 17 Agustusan di Canberra – Australia

Perayaan 17 Agustusan di Luar Negeri - Canbera

Peringatan acara 17 Agustusan yang diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Canberra pada tahun ini terasa lebih istimewa karena bendera kebanggaan bangsa dan rakyat Indonesia, yakni Merah Putih, berkibar di danau Burley Griffin di ‎Ibu Kota Australia.

Di danau Burley Griffin, lebih dari 450 warga Indonesia dan sejumlah masyarakat Australia mengikuti gerak jalan santai dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke-71. Hebatnya, gerak jalan tersebut dilaksanakan di tengah hawa dingin yang mencapai 3 derajat Celsius dan hal itu tidak mengurangi sedikitpun antusias peserta loh. Saluuuut!?

Gerak jalan santai tersebut dibuka secara resmi oleh Duta Besar RI untuk Australia, Nadjib Riphat Kesoema dan menjadi pembuka rangkaian lomba-lomba 17-an yang diadakan KBRI Canberra pada tanggal 6 Agustus 2016.

Selain gerak jalan, KBRI Canberra juga menggelar lomba makan kerupuk, lari sambil membawa kelereng, memasukkan paku ke dalam botol, lomba joget, gaple, tenis meja, karaoke, stand-up comedy‎ dan cerdas-cermat bertema kebangsaan. Wahh.. pastinya seru ya, karena meski jauh dari tanah air, masyarakat Indonesia di Australia tetap memiliki spirit kebangsaan ‎yang tinggi.

lomba makan krupuk di australia

Untuk menambah suasana khas 17-an dan mengobati rasa kangen dengan kuliner tanah air, KBRI Canberra secara khusus menyediakan masakan soto ayam, mie ayam dan nasi goreng serta rebus-rebusan, seperti kacang, pisang dan ubi yang ludes diserbu para peserta.

KBRI Canberra juga akan menyelenggarakan Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-71 pada tanggal 17 Agustus 2016 yang akan mengundang ‎berbagai kalangan. Sejumlah atraksi menarik akan ditampilkan, seperti pidato Bahasa Indonesia oleh pelajar Australia pemenang lomba berbahasa Indonesia dari Melbourne, aubade anak-anak Indonesia hingga peragaan berbaris pasukan Paskibra.

2. 17 Agustusan di London – Inggris

Lomba Balap Karung di London

Rangkaian acara khas Agustusan digelar oleh KBRI di London guna menyambut HUT ke-71 Indonesia tahun ini. Sebut saja pertandingan bulutangkis, ping pong, lomba karaoke, gaplek, hingga golf, dan lomba untuk anak-anak, di antaranya balap karung, kelereng, sampai lomba kemahiran ber-hula hoop.

Lomba-lomba tersebut dilaksanakan di Queen s Park Community School, Aylestone Ave, London.

Selain perlombaan olahraga, juga diadakan kegiatan temu masyarakat dan bazaar pada 7 Agustus dan upacara pengibaran bendera pada 17 Agustus yang terbuka bagi seluruh masyarakat Indonesia di Inggris Raya.

Berbagai aktivitas Agustusan laiknya di Tanah Air itu memang sengaja digelar mendahului tanggal sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia, 17 Agustus 2016.

Dalam sambutannya, Duta Besar Indonesia untuk Inggris Raya, Rizal Sukma, mengatakan, tema peringatan HUT ke-71 Indonesia kali ini adalah kerja nyata.

Semua warga Indonesia, termasuk para staf Kedutaan Besar Indonesia di London yang tugas utamanya mengurusi kepentingan nasional dan warga negara Indonesia di sana ikut bergembira dan berkompetisi secara sehat dan jujur dalam berbagai lomba yang digelar.

Selain itu untuk memuaskan rasa kangen lidah pada masakan dan penganan khas Indonesia. Masyarakat yang hadir bisa menyantap somai, es cendol dari Warung Mbak Yuyun Purwanto, bakso bola-bola legowo-nya Pak Jukni, dan lain-lain. Mereka menyerbu bazaar sajian Indonesia.

3. 17 Agustusan di Washington DC – Amerika Serikat

Balap karung di Washington

Komunitas warga Indonesia yang tinggal di negara bagian Washington DC, Virginia dan Maryland, Amerika Serikat sudah mulai merayakan acara 17 Agustus sejak 27 Juli 2016, waktu setempat.

Acara yang digelar di Lake Fairfax, Virginia ini diramaikan juga oleh sekitar 300 orang diaspora Indonesia dan menghidangkan berbagai makanan khas Indonesia seperti bubur Manado, asinan, sayur asem dan lain sebagainya.

“Kami menggelar piknik untuk masyarakat Indonesia yang tinggal di tiga negara bagian, yaitu Washington DC, Virginia dan Maryland dengan tujuan utamanya adalah untuk memperkuat ikatan persaudaraan kita disini, karena semakin jauh kita dari kampung halaman maka kebutuhan untuk bersilaturahmi juga makin kuat,” sebut Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Bowo Budilaksono yang ditemui di sela-sela acara, seperti siaran pers yang diterima RRI, Selasa (26/7/2016).

Bowo menyebut, acara menyambut 17 Agustus memang selalu meriah dan disambut oleh antusiasme masyarakat. Karenanya, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Washington DC bersama dengan berbagai komunitas masyarakat Indonesia rutin mengadakan acara ini.

“Yang hebat adalah bahwa acara ini di organisir oleh teman-teman diaspora dari berbagai kelompok komunitas ya, jadi KBRI hanya memfasilitasi saja, sedangkan warga yang inisiatif sendiri,” sambungnya.

Ditemui di tempat yang sama, ketua Asosiasi Indonesia-Amerika (IAA), Oskar Zaki menyebut bahwa KBRI bersama IAA akan menggelar banyak kegiatan hingga puncaknya pada 17 Agustus mendatang.

“Piknik ini adalah kick-off dari seluruh rangkaian acara HUT RI yang ke-71. Jadi acaranya dimulai dari piknik, basket, tenis, pingpong, bazaar, bulu tangkis, golf, dan puncaknya nanti pas 17-an, jadi semua kegiatan ini selesai 17 Agustus,” jelasnya.

4. 17 Agustusan di Frankfurt –  Jerman

Lomba-lomba Frankfurt

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia yang ke-71, KJRI Frankfurt mengadakan beberapa perlombaan menarik. Rangkaian lomba yang terdiri dari Bowling, Badminton, Gaple, Catur dan Jalan Santai ini akan dilaksanakan mulai 23 Juli sampai 6 Agustus 2016.

Bazar Kuliner yang diorganisasi oleh PERMIF e.V. juga akan turut memeriahkan peringatan hari kemerdekaan RI di KJRI Frankfurt.

Wuihh, ternyata banyak sekali ya kegiatan 17 Agustusan di Jerman.

5. 17 Agustusan di Rio de Janeiro –  Brasil

17 Agustusan di Brasil 2016

Perayaan 17 Agustusan 2016 di Brasil kali ini sangat istimewa. Yup, istimewa dikarenakan saat ini di Brasil sedang berlangsung Olimpiade 2016.

Duta besar RI di Brasil, Toto Riyanto mengungkapkan alasannya mengundang para atlet untuk ikut serta dalam rencana upacara peringatan HUT RI ke-71 di Rio de Janeiro, Brasil. Alasannya karena para atlet Indonesia memang tengah berpartisipasi di Olimpiade Rio  de Janeiro 2016.

“Kami merencanakan menggelar acara peringatan HUT RI di rumah yang menjadi posko kita selama Olimpiade di Rio de Janeiro ini,” kata Toto Riyanto di Rio de Janeiro, Brasil.

Kantor Kedubes RI sendiri berada di Brasilia, ibu kota Brazil yang berjarak 1.200 kilometer dari Rio de Janeiro. Namun selama Olimpiade, Dubes beserta sebagian besar stafnya pindah sementara ke Rio de Janeiro untuk membantu delegasi olahraga Indonesia tersebut.

“Selain upacara, dalam peringatan HUT RI ini juga akan diadakan silaturahim dengan masyarakat Indonesia di Brasil dan delegasi olahraga Indonesia pada Olimpiade,” kata Toto Riyanto.

Kontingen Indonesia sendiri kemungkinan tidak bisa semuanya ikut upacara, karena pada 17 Agustus tersebut ada pertandingan babak perempatfinal dan final cabang bulutangkis.

Meski begitu, ia mengharapkan pada 17 Agustus 2016 nanti sudah ada lagi atlet Indonesia yang meraih medali Olimpiade sehingga peringatan HUT RI di Rio de Janeiro akan lebih berkesan. Mantep!

6. 17 Agustusan di Den Hag – Belanda

17 Agustusan di Belanda

Bagaimana perayaan di Belanda yang notabene adalah negara yang dahulu pernah menjajah Indonesia ya?! dan berdasarkan catatan sejarah, Belanda adalah negara yang sangat lama menjajah Indonesia.

Ternyata, perayaan 17 Agustusan disana juga full kegiatan loh, dan ga kalah dengan perayaan 17 Agustusan di negara lain.

Berikut kegiatan-kegiatan 17 Agustusan yang ada disana :

a. UPACARA BENDERA

Hari/Tanggal:

Rabu, 17 Agustus 2016

09:00 -12:00

Tempat:

Sekolah Indonesia Den Haag (SIDH) di Wassenaar

Rijksstraatweg 679 2245 CB Wassenaar

Pakaian:

Pria : Formal – Pakaian Sipil Lengkap/PSL

Wanita : Formal

Upacara Bendera terbuka untuk masyarakat umum. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti upacara dimaksud, diharapkan hadir paling lambat 09.15. Pakaian Pria: Jas/batik, Wanita menyesuaikan.

b. PASAR RAYA INDONESIA

Hari/Tanggal:

2 September 2016 20.00 – 22.00

3 September 2016 11.00 – 18.00

4 September 2016 11.00 – 17.00

Tempat:

Sekolah Indonesia Den Haag (SIDH) di Wassenaar

Rijksstraatweg 679 2245 CB Wassenaar

Acara:

– Bazaar: makanan, minuman & produk Indonesia

– Hiburan/pentas seni

– Undian Berhadiah

Acara Pesta Rakyat terbuka untuk umum.

c. RESEPSI DIPLOMATIK

Hari/Tanggal:

Agustus/September 2016 (tbc)

Tempat:

Wisma Duta

Kerkeboslaan 2, Wassenaar

Acara resepsi diplomatik khusus untuk undangan

d. PERTANDINGAN OLAHRAGA

– 23.07.2016 : Sepeda Gembira

– 30.07.2016 : Tenis Lapangan

– 13.08.2016 : Bowling

– 14.08.2016 : Tenis Meja

– 14.08.2016 : Gaple

– 20.08.2016 : Bulu Tangkis

– 27.08.2016 : Bola Voli

Acara Pertandingan olahraga terbuka untuk umum.


Nah, sangat meriah dan ga kalah dengan perayaan 17 Agustusan di Tanah Air Indonesia ya?!

Selain di negara-negara tersebut diatas. KBRI dan warga Indonesia di berbagai negara juga mengadakan acara serupa, intinya bahwa HUT Proklamasi Kemerdekaan RI adalah gawe besar rakyat Indonesia baik di dalam dan luar negeri. Jadi memang harus selayaknya dirayakan dengan meriah setiap tahun ya.

Oh iya, jangan lupa ya fren, kemerdekaan Indonesia ini diraih oleh para pahlawan. Baik yang di kenal ataupun tidak dikenal. Oleh karena itu, kita sebagai penerus bangsa tentunya wajib berterima kasih dan mendoakan agar para pahlawan Indonesia mendapatkan tempat disisi tuhan YME. Dan yang tidak kalah penting, kita sebagai penerus bangsa harus melanjutkan cita-cita perjuangan para pahlawan tersebut.

Dirgahayu Indonesia! Tujuh Puluh Satu Tahun sudah negara kita merdeka. Semoga Indonesia menjadi negara yang benar-benar merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur sesuai yang dicita-citakan. Semoga pemerintah Indonesia dapat mencapai tujuan negara untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

perayaan 17 Agustusan di Luar Negeri, emang mantep!!

Artikel Mantep Lainnya

TInggalkan Komentar Mantepmu!