Menginspirasi, Ini Dia 5 Animator Film Hollywood Asal Indonesia

Apakah kamu pecinta film Hollywood? Ya, film Hollywood memang sangat keren, apalagi dengan animasi-animasi mereka yang tampak begitu sempurna yang mampu menghidupkan cerita. Di balik semua itu tentu ada banyak tenaga ahli yang ada dibalik layar yang bekerja keras untuk menghasilkan film yang sempurna, salah satunya adalah para animator.

Mereka tentu bukanlah sembarang orang, mereka adalah orang yang memiliki bakat dan kerja keras yang tinggi. Eh, tahu nggak ternyata diantara para animator itu, ada beberapa dari mereka yang berasal dari Indonesia lho. Penasaran? Yuk kita kenalan saja, ini dia 5 animator film Hollywood asal Indonesia:

1. Andre Surya

BLlg602CYAIZaug
Ini dia salah satu animator asal Indonesia yang ikut menggarap film keren Transformer. Dia bekerja di salah satu perusahaan animator tersukses di dunia Lucasfilm Singapore. Dari situ dia menjadi animator untuk beberapa film keren seperti Iron man 2, Star Trek, Terminator Salvation, Transformer, Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull, Surrogates, Rango dan The Last Airbender.

Awalnya dulu mendapat tawaran kerja di perusahaan 3D Indonesia ketika masih kuliah di Indonesia. Lalu dia melanjutkan studi lagi ke Kanada. Selang satu setengah tahun kuliah, dia lantas mencoba melamar kerja di Lucasfilm Singapore, dan berhasil diterima disana.

Eh tapi setelah sukses jadi animator film Hollywood dia memutuskan untuk pulang ke negeri tercinta, dan mendirikan sebuah perusahaan animasi, Enspire Studio. Dia juga membuka Sekolah Kursus animasi berstandar Internasional, Enspire School of Digital Art (ESDA). Wah, sungguh menginspirasi ya..

2. Wira Winata
wirawinata-e1445945157660

Pria lulusan Engineering di Nanyang Polytechnic Singapura ini menggarap karakter Charlie Brown dan anjing putih bernama Snoopy di film The Peanuts Movie. Karirnya dimulai ketika dia bersama teman-temannya membuat projek animasi saat masih kuliah di Pasadena di Art Center College of Design. Beruntung sekali mereka lalu kenal dengan para animator handal dari Blizzard, Dreamworks dan juga Disney dan dibantu menyelesaikan projek tersebut.

Projek mereka pun menghasilkan karya animasi The Little Red Plane yang sangat disukai oleh anak-anak SD di Pasadena. Dari situlah Wira ingin terus berkara di dunia animasi. Hingga dia pun ikut menggarap film The Peanuts Movie. Namun kini dia lebih memilih untuk mengembangkan film animasi lokal bersama rekan-rekannya dengan harapan Indonesia menjadi lebih maju. Wah salut ya..

3. Roni Gani
4B18CCEF-F770-4DCA-83CD-C3099B3FDA6D_cx0_cy6_cw0_mw1024_s_n_r1

Pria lulusan dari Universitas Indonesia jurusan arsitektur ini adalah salah satu animator yang ikut menggarap film Transformer: Age of Extinction, The Avengers: Age of Ultron, Ant-Man, Pasific Rim dan Noah. Dia juga merupakan pendiri dari Bengkel Animasi, sebuah kursus online yang mengajarkan tentang animasi karakter.

Sebenarnya menjadi animator bukanlah cita-cita dia bahkan sampai kuliah dia tidak pernah terbayang menjadi seorang animator. Namun karena cinta memang cinta banget sama seni, akhirnya dia mempelajari teknik animasi secara otodidak.

Diapun berusaha mencari pekerjaan di bidang animasi. Hingga diapun mendapat pekerjaan di Sparky Animation, sebuah perusahaan lokal animasi di Singapura dan mengerjakan proyek kecil seperti film DVD dan serial TV. Selang 6 bulan, dia mendapat pekerjaan di Lucas Film Animation, masih di Singapura juga. Dari situlah dia dipercayakan untuk ikut menggarap beberapa film Hollywood.

4. Rini Triyani Sugianto
EFBC19C5-7637-48BF-AE83-9194B4C9863E_cx0_cy6_cw0_mw1024_s_n_r1

Wanita asal Bandar Lampung memang memiliki hobi menggambar dan dia adalah arsitek lulusan dari Universitas Parahyangan Bandung. Awalnya dia belajar membuat bangunan dengan teknologi digital 3D hingga akhirnya dia tertarik dengan dunia animasi. Hingga kemudian dia melanjutkan kuliah pasca sarjana di San Francisco, tepatnya di Academy of Art University. Setelah lulus dia pun bekerja di sebuah perusahaan digital di Selandia Baru bernama WETA.

Pernah nggak kamu nonton The Hobbit, The Adventures of Tintin, Ted 2, Iron Man 3, The Avengers, Hunger Games: Catching Fire? Wanita keren ini ikut menggarap film-film keren tersebut. Wah keren dan menginspirasi ya.

5. Griselda Sastrawinata
5 animator film hollywood asal indonesia

Beberapa film garapannya adalah Shrek, Kungfu Panda & Bee Movie dan Madagascar. Dia bekerja di Dreamworks, California, Amerika Serikat sebagai visual development artist, di Artistic Department. Ternyata dia adalah salah satu dari lima animator perempuan di perusahaan keren itu.

Awalnya juga karena hobi menggambar, hingga akhirnya belajar animasi. Ketika dia berada di kelas 2 SMA, dia memutuskan pindah ke negeri paman Sam dan melanjutkan kuliah di Art Center College of Design (ACCD) di Pasadena, California dan mengambil jurusan ilustrasi. Hingga saat ini dia masih aktif bekerja sebagai animator asal Indonesia di Dreamworks. Wah, applause deh.

Dari 5 animator film Hollywood asal Indonesia di atas, kita jadi tahu kalau ternyata ada banyak anak bangsa yang bisa sukses hingga internasional. Tapi semua itu tentu juga tidak mudah, butuh kerja keras dan pantang menyerah ya. Karena sukses itu adalah sebuah proses, jadi jangan berfikir itu akan mudah. Tapi selama kita mau memperjuangkan mimpi kita, pasti kita akan berhasil, yakin aja deh.

Animator Indonesia, emang mantep!!

Sumber: Ngonoo.com, cintailahIndonesia.wordpress.com, voaindonesia.com, kompasiana.com, esda.co.id, indonesiaproud.wordpress.com, beritaintrik.com, astralife.co.id, suaramahasiswa.com

Artikel Mantep Lainnya

TInggalkan Komentar Mantepmu!