Indonesia dalam Video Game (Luar Negeri)

Jika kamu mau memikirkan, tentang hal-hal baik dari Indonesia, ternyata tidak ada habisnya guys! Semua hal tidak kalah seru dari hal-hal di luar negeri. Salah satunya seperti obyek wisata di Indonesia rasa luar negeri,  makanan Indonesia yang terkenal sampai luar negeri, aplikasi game smarthphone dan masih banyak lagi. Ya, memang tidak akan pernah ada habis-habisnya ya!

Begitu juga di dunia video game, ternyata hal-hal berbau Indonesia juga ikut “berbicara” sampai keluar negeri loh. Mau tahu?! berikut deretan “rasa” Indonesia dalam Video Game (Luar Negeri) :

1. Rio Haryanto dalam versi game F1 2016

Indonesia Dalam Video Game (Luar Negeri) - Rio Haryanto

Selain memiliki sifat-sifat yang luar biasa dan pantas untuk diteladani dalam dunia nyata, Rio Haryanto ternyata juga eksis juga di dunia video game dan membuat bangga kita semua fren.

Bagi para fans Formula One (F1), terutama para penggila kontes jet darat tanah air, sedikitnya bisa mengobati luka atas didepaknya Rio Haryanto dari tim Manor Racing. Setidaknya, Rio Haryanto masih tetap eksis dalam versi game F1 2016.

Game balapan F1 2016 sudah resmi dirilis di berbagai negara di bulan Agustus ini. Game kini tersedia untuk sejumlah perangkat permainan seperti PlayStation 4, Xbox 1 dan dalam versi PC (Personal Computer).

Ayo kita buat Rio Haryanto menjadi juara dunia F1 walaupun hanya di dunia video game.

2. Pulau Sumatra, Hatta Mirza dan Linny Barilar di  Game Front Mission 3

Sumatra di Front Mission 3

Dalam game Front Mission 3 yang mengambil setting di Asia Tenggara, kalian bisa melihat Indonesia. Ada juga misi yang berlatar di pulau Sumatra lho. Beberapa nama di game ini, seperti Hatta Mirza dan Linny Barilar, juga Indonesia banget. Mantep kan!?

Di game ini terdapat 2 skenario, yang salah satunya kita akan bisa memilih misi untuk ke sumatera,dan ini menceritakan sebuah masalah yang akhirnya membawa masalah kepada pihak Barilar Corporation. Perusahaan ini adalah bidang pertanian yang di develp oleh Methane Wanzer dan berlokasi di wilayah Sulawesi. Linny Barilar adalah penerus perusahaan ini yang nantinya bergabung dengan tokoh utama di game ini yaitu Kazuki untuk memperkenalkan kehebatan Methane Wanzer kepada dunia.

Ada juga karakter bisa yang hanya di temukan di suatu misi di pulau Sumatera yaitu Hatta Mirza seorang anggota gerilya di Sumatera. Selain di Front Mission 3 di Front Mission 2 juga pernah ada Indonesia yaitu sebagai wilayah juga yaitu saat di suatu event pertempuran robot militer wanzer meluas dari Tokyo hingga Kalimantan.

3. Bajak Laut Asal Indonesia di Game Uncharted: Drake’s Fortune

Indonesia di Game Uncharted

Di game ini, ada seorang bajak laut asal Indonesia bernama Eddy Raja. Ia juga ngomong pakai bahasa Indonesia lho. Kamu bisa lihat cuplikannya di YouTube. Mantep Khan!?

Dalam game dari seri game Uncharted ini, Nathan Drake, sang tokoh utama ditangkap oleh gerombolan bajak laut yang dipimpin oleh Eddy Raja, seorang mantan arkeologis asal Indonesia yang juga merupakan rival Drake. Raja dan Drake sebelumnya berteman baik, namun karena merasa iri, Raja pun mengkhianati Drake dan mereka berdua pun menjadi rival.

Memang, bahasa Indonesia yang ditampilkan mungkin akan terdengar sedikit “aneh”. Namun kita patut berbangga karena Naughty Dog, pengembang game Uncharted, mengatakan bahwa mereka sampai mempelajari bahasa Indonesia – bukan Melayu, seperti yang dikatakan oleh beberapa sumber- untuk mengembangkan game ini agar terlihat realistis. Walaupun mungkin bagi gamers Indonesia, dialog yang ditampilkan kurang “natural”, namun usaha Naughty Dog tentunya patut diacungi jempol.

4. Pulau Komodo dan Jakarta di Game Splinter Cell: Pandora Tomorrow

Splinter Cell

Gamers Indonesia patut berbangga, karena dalam game Splinter Cell: Pandora Tomorrow, latar belakang cerita mengambil tempat di Indonesia.

Sam Fisher diperintahkan untuk melawan kelompok separatis “Darah Dan Doa” yang dipimpin oleh Suhadi Sadono. Splinter Cell: Pandora Tommorow, sama seperti Front Mission 3, merupakan game dengan referensi tentang Indonesia terbanyak. Bagaimana tidak? Gamers diajak keliling Indonesia, mulai dari Pulau Komodo, Dili hingga Jakarta. Mantep to!?

Suhadi Sadono diceritakan sebagai seorang pemimpin yang karismatik. Sadono telah mendapatkan pelatihan dari CIA dalam upaya mengusir pengaruh Komunisme di Timor Timur. Namun Sadono merasa dikhianati oleh Amerika Serikat setelah pemerintah AS menarik dukungannya dari Indonesia dan justru memihak gerakan separatis Timor Timur. Oleh karena itu, Sadono memimpin kudeta terhadap kependudukan Amerika Serikat di Timor Timur.

5. Burung Kasuari dan Komodo dalam Game Far Cry 3

Komodo dan kasuari di Far Cry 3

Game ini mengambil setting di sebuah pulau tropis yang berada di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Meski wilayahnya kurang jelas, ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa Far Cry 3 berlokasi di Indonesia. Seperti binatang yang cukup khas dari Indonesia, kasuari, komodo, dan lainnya.

6. Barong di Game Megami Tensei Series

Barong di Megami Tensei Series

Seri game RPG Megami Tensei juga “rajin” menampilkan salah satu makhluk ikonik dari Indonesia, yaitu Barong. Salah satu legenda dari budaya Bali ini menjadi salah satu monster “langganan” di seri Megami Tensei.

Tentunya, penggambaran Barong sebagai “iblis” di Megami Tensei kurang akurat. Menurut budaya Bali, walaupun berpenampilan seram, tetapi Barong merupakan salah satu simbol kebaikan. Barong dipercayai sebagai “penjaga dari mimpi buruk” dalam kepercayaan budaya Bali.

Barong seringkali digambarkan berbentuk singa, walaupun terdapat berbagai macam interpretasi seperti naga, harimau atau bahkan babi hutan. Namun tampaknya Megami Tensei menggunakan bentuk paling umum, yaitu singa.


Tuh kan, Indonesia berbicara juga di dunia video game. Tentunya kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga dong.

Indonesia dalam video game (luar negeri), emang mantep!!

Artikel Mantep Lainnya

TInggalkan Komentar Mantepmu!