Wow, Ternyata Film-Film Indonesia Ini Menang Festival Film Luar Negeri Lho

ernyata film-film Indonesia ini menang festival film luar negeri

Indonesia telah banyak menciptakan film-film keren yang layak untuk ditonton. Banyak juga diantaranya yang sudah ditayangkan di luar negeri dan bahkan mendapat apresiasi yang luar biasa. Yang lebih mengagumkan lagi, ternyata film-film Indonesia ini menang festival film luar negeri lho. Mau tau film apa aja itu? Yuk simak bareng-bareng!

Danum Baputi: Penjaga Mata Air (2015)

ternyata film-film Indonesia ini menang festival film luar negeri

Film tentang lingkungan ini disutradarai oleh Gunawan Panggaru, dan film ini berhasil mendapat penghargaan Excellent Winner Award, Environmental Film Competition Catagory di Canada International Film Festival/CIFF tahun 2015. Festival film ini diikuti oleh ratusan film dari 30 negara dan hanya 10 film yang mendapatkan penghargaan, “Danum Bupati” berada di posisi kelima.

 

Maryam: Demi Tuan, Aku Rela Menyelundup Ke Gereja (2014)

maryam-film_hlgh

Film yang disutradarai oleh Sidi Saleh ini berhasil memenangkan penghargaan di 71st Venice International Film Festival, Italy di kategori film horizon pendek. Film ini menceritakan tentang seorang pembantu muslim bernama Maryam yang menemani majikannya yang menderita autism ke gereja untuk melakukan misa.

 

Atambua 39° Celcius (2012)

Film

Film ini disutradarai oleh 2 orang yaitu Riri Reza & Mira Lesmana. Berkat kualitas fotograsi yang luar biasa, film dokumenter ini berhasil memenangkan penghargaan Inalco Jury Award  dari beberapa juri (Remi Dor, Anthony Folkmann, Francois-Xavier Durandy, Satenik Mkhitaryan, Elodie Guignard dan Boris Elaiba) di Vesoul Film Festival yang digelar di Prancis.

 

Si Anak Kampoeng (2011)

 

poster-web

Film Si Anak Kampoeng atau yang popular di luar negeri dengan judul “The Village Boy” ini adalah hasil garapan dari Damien Dematra. Film ini beberapa kali menerima penghargaan, diantaranya film terbaik dan sutradara terbaik di beberapa festival film benua Eropa, Amerika dan juga Asia. Film ini juga memenangkan kategori The Best Family Film di Canada International Film Festival (CIFF) tahun 2015.

 

The Raid (2011)

 

Raod-Poster

Film aksi garapan Gareth Evans ini mendapatkan apresiasi paling tinggi di tanah air. Begitu pula diluar negeri. Film ini berhasil memenangkan beberapa penghargaan internasional, seperti penghargaan di Toronto International Film Festival (2011) dalam kategori Mid People’s Choice Award – Midnight Madness, Dublin International Film Festival (2012) dalam kategori Audience Award dan Dublin Film Critics Circle Awards (2012) dalam kategori Best Film, Imagine Film Festival (2012) dalam kategori Silver Scream Award, Festival Mauvais Genre Perancis dalam kategori Prix du Public, dan Indiana Film Journalist Association dalam kategori Best Foreign Language Film. Mantep!

 

Sang Pemimpi (2009)

film21961b

“Sang Pemimpi” (The Dreamer) ini disutradai oleh Riri Riza. Film yang menceritakan tentang hubungan persaudaraan dan persahabatan ini berhasil merebut beberapa penghargaan internasional, seperti 3 Castle Award di Castellinaria International Film Festival, yang diselenggarakan di Swiss, The Golden Butterfly di The 25th Isfahan International Film Festival of Children and Young Adults yang diselenggarakan di Iran.

 

Laskar Pelangi (2008)

Laskar-Pelangi

Masih dari sutradara berpretasi Riri Riza, film adaptasi dari novel Andrea Hinata ini mendapat apresiasi yang luar biasa baik dari dalam maupun luar negeri. film ini berhasil memenangkan The Golden Butterfly Award dalam kategori film terbaik di Internasional Festival of Films for Children and Young Adults, Iran, penghargaan HIGNIS Award di Hong Kong International Film Festival, juga penghargaan sebagai film terbaik di Festival Film Asia Pasifik ke-53, Kaohsiung, Taiwan.

___________________________

 

Nah, sekarang sudah tahu kan kalau prestasi film Indonesia memang luar biasa, dan itu sudah diakui di luar negeri. Jadi tambah cinta film dalam negeri ya, karena ternyata film-film Indonesia ini menang festival film luar negeri. Jaya terus perfilman Indonesia.

Film Indonesia emang mantep!!

 

Sumber: thejakartapost.com, id.wikipedia.org, tempo.co, kemlu.go.id, flickmagazine.net, infospesial.net, beritagar.id, indonesiaproud.wordpress.com

TInggalkan Komentar Mantepmu!