6 Desainer Busana Muslim Indonesia yang Karyanya Terkenal di Mancanegara

Desainer Busana Muslim Indonesia

Perkembangan fashion muslim di Indonesia belakangan ini bisa dikatakan sangat pesat. Kita bisa lihat dengan semakin banyaknya komunitas seperti Hijabers Community, Hijabers Mom, forum-forum busana muslim, sampai diselenggarakanya beragam bazar, dan peragaan busana muslim.

Kita juga bisa lihat beribu-ribu account di media sosial, toko online, butik, mall bahkan lapak kaki lima yang berlomba-lomba berjualan busana muslim dengan berbagai macam jenis, model dan harga. Konsumennya pun dari kalangan “jelata” sampai kalangan atas, dari anak-anak sampai orang tua. Wuihh mantep.

Kondisi di atas tentunya juga tidak lepas dari peran desainer-desainer berbakat yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia mulai dari kelas pemula sampai desainer busana muslim kelas top yang karya-karyanya telah diakui di mancanegara. Siapa saja sih desainer busana muslim Indonesia yang karyanya terkenal di mancanegara? Beberapa nama dibawah ini di antaranya :

1. Dian Pelangi

Desainer Busana Muslim Indonesia yang Karyanya Terkenal di Mancanegara - Dian Pelangi

Nama Dian Pelangi memang sudah sering terdengar di dunia fashion Indonesia terutama fashion busana muslim stylish. Karya Dian Pelangi identik dengan busana berwarna terang dengan motif tie dye. Media fashion internasional BoF (Business of Fashion) bahkan memasukkan namanya sebagai salah satu pelaku fashion paling berpengaruh di dunia.

Di usianya yang masih terbilang muda, ia sudah memiliki empat lini busana yakni Dian Pelangi, DP by Dian, Dian Pelangi Bride dan Dian Pelangi Kids. Tidak hanya itu saja, karyanya bahkan juga sudah dikenal dan dipakai hingga ke negara-negara Timur Tengah seperti Kairo, Dubai, Abu Dhabi, dan Pakistan. Wow !!

2. Islamia Aprilia

Islami Aprilia

Pecinta fashion hijab pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Islamia Aprilia Waskito. Gadis cantik kelahiran 1993 lalu ini sudah memiliki label sendiri yang diberi nama Aprilia dan sudah rajin wira-wiri mengikuti ajang fashion seperti Indonesia fashion Week, Indonesia Islamic Fashion Fair, dan Jakarta Islamic Fashion Week.

Karya-karya Islamia memiliki nuansa romantis, vintafe, dan elegan dengan menggunakan warna-warna pastel. Ia tidak hanya merambah pasar nusantara, karya-karyanya juga dikenal oleh negara tetangga seperti Singapura, Brunei Darussalam dan Malaysia.

3. Jenahara Nasution

Jenahara Nasution

Jenahara Nasution atau biasa dipanggil Jehan adalah salah satu pendiri Hijabers Community Indonesia. Jehan juga merupakan putri dari aktris dan desainer kondang Indonesia, Ida Royani. Merasa memiliki darah desainer yang mengalir dari sang Ibu, Jehan mengaku mulai dari nol membangun usahanya dengan modal sendiri dan tanpa campur tangan orang tua.

Kerja kerasnya itu kini sudah terbayar dengan hasil yang cukup memuaskan. Selain laku di pasaran lokal, koleksi Jenahara sudah pernah dipamerkan di luar negeri seperti di Hong Kong, Thailand, hingga Milan. Saat ini ia terus menginovasi produknya agar semakin disukai masyarakat.

4. Restu Anggraini

Restu Anggraini

Mengejar passion di bidang fashion membuat Restu Anggraini menekuni bisnis busana muslim sejak enam tahun terakhir. Sebagai desainer, Restu juga mengenalkan karyanya lebih luas lagi. Salah satunya dalam Mercedes-Benz Fashion Week Tokyo 2015, 17 Maret 2015 lalu. Ia lolos seleksi dari sekian banyak desainer dan karyanya.

Tak disangka di Tokyo ia mendapatkan respons positif untuk berkolaborasi dengan partner setempat. Koleksinya tampil di majalah mode di Jepang. Di majalah itu ada pemotretan khusus untuk halaman fashion spread. Lalu mereka minta diajari cara memakai fashion hijab. Selain tertarik dengan desain, Restu merasa bisa sekaligus syiar mengenalkan busana yang menutup aurat, yang bagi warga Jepang masih tampak asing. Pasalnya, warga di sana banyak juga yang ingin memakai meski mereka tidak berhijab.

5. Vivi Zubedi

Vivi Zubedi

Vivi Zubedi merupakan salah satu desainer busana muslim Indonesia. Wanita cantik berdarah Yaman-Iraq itu tidak hanya sering memamerkan koleksi busananya tapi juga gayanya yang simpel dan stylish di Instagram. Karya-karyanya banyak terinspirasi busana abaya yang kerap dipakai untuk acara formal atau pesta dijadikannya abaya bergaya kasual untuk busana sehari-hari. Namun rancangannya tetap sesuai dengan aturan, yakni syar’i dalam berbusana muslimah.

Karya-karyanya semakin sering dipamerkan di mancanegara. Baru-baru ini, bersama dengan Dian Pelangi, Restu Anggraini, Jenahara, dan Zaskia Sungkar mengikuti acara International Fashion Showcase, sebuah program kunci dari gelaran London Fashion Week 2016 yang digelar 19-23 Februari 2016 yang lalu.

6. Zaskia Sungkar

Zaskia Sungkar

Siapa yang  tidak kenal dengan nama tersebut? Yup, wanita kelahiran 22 Desember 1990 ini memang sebelumnya dikenal sebagai pemain sinetron serta vokalis dari The Sisters, grup duo bersama adiknya Shireen Sungkar. Istri dari artis Indonesia Irwansyah ini ternyata juga berbakat untuk desain busana muslim.

Saat ini Zaskia Sungkar termasuk salah satu desainer busana muslim Indonesia yang karyanya juga diakui oleh mancanegara. Terakhir pada tanggal 19-23 Februari 2016, bersama desainer busana muslim ternama Indonesia lainya, karya Zaskia ikut diperagakan pada acara London Fashion Week 2016.

 


 

Demikian beberapa desainer busana muslim Indonesia yang karyanya terkenal di mancanegara, di luar nama-nama di atas sebenarnya masih banyak lagi desainer-desainer lain yang prestasi dan karyanya juga membanggakan Indonesia. Dengan jumlah penduduk yang menganut agama Islam di Indonesia yang sangatlah besar, yaitu sekitar 12,7 persen dari total Muslim dunia, dan dukungan dari pemerintah serta pelaku industri fashion, saya kira cukup realistis Indonesia tidak lama lagi akan menjadi kiblat fashion busana muslim di dunia.

Desainer Muslim Indonesia, Emang Mantep!! Bikin Bangga 🙂

 

Artikel Mantep Lainnya

TInggalkan Komentar Mantepmu!