Atlet Indonesia Yang Berhasil Meraih Medali Emas di Olimpiade

Atlet Indonesia Yang Berhasil Meraih Medali Emas di Olimpiade

Indonesia pertama kali mengikuti Olimpiade pada tahun 1952 di Helsinki, Finlandia. Dalam rentang waktu 7 tahun setelah Indonesia memproklamirkan kemerdekaan pada tahun 1945.

Setelah itu Indonesia sempat dua kali tidak ikut Olimpiade yaitu pada tahun 1964 di Tokyo, Jepang dan pada tahun 1980 di Moskwa, Rusia (pada waktu itu Uni Soviet) karena boikot sehubungan dengan perang Soviet-Afganistan.

Olimpiade Rio 2016 yang masih berlangsung saat ini seharusnya merupakan partisipasi Indonesia yang ke-17, dan menjadi fakta yang unik di perayaan kemerdekaan 17 Agustus 2016. Nah, dibalik serba-serbi olimpiade rio 2016 yang saat ini sedang berlangsung sampai 21 Agustus 2016 nanti. Sebenarnya, Indonesia sampai saat ini sudah mengoleksi berapa medali emas sejak tahun 1952 ya?!

Untuk mengobati rasa penasaranmu, berikut atlet Indonesia yang berhasil meraih medali emas di Olimpiade sejak 1952, dimulai dari tahun yang terbaru yah :

1. Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir (2016) – Bulu Tangkis

Atlet Indonesia Yang Berhasil Meraih Medali Emas di Olimpiade - Tantowi/liliyana

Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir berhasil membawa pulang medali emas dari Olimpiade Rio 2016. Medali tersebut didapat usai mengalahkan pasangan Malaysia, Chan Peng Soon dan Goh Liu Ying dengan skor 21-14 dan 21-12.

Keberhasilan ini seolah membayar kegagalan yang terjadi di Olimpiade 2012 lalu dan kembali menyambung tradisi medali emas olahraga bulu tangkis sejak tahun 1992-2008 . Pada tahun 2012, Tontowi/Liliyana menelan kekalahan di babak semifinal dan perebutan medali perunggu. Dan “hutang” mereka dianggap LUNAS dengan membanggakan.

“Saya lega, bangga, senang. Karena Indonesia biasanya tradisi emas, tapi kemarin di Olimpiade London 2012 kami berutang bawa medali. Sekarang langsung kami bayar utangnya. Senang sekali,” ungkap Liliyana.

“Saya nggak bisa berkata-kata. Luar biasa rasanya. Ini saya persembahkan untuk hari kemerdekaan Republik Indonesia,” ujar Tontowi menambahkan.

Kemenangan ini memang terasa spesial sebab terjadi pada 17 Agustus 2016. Di hari yang sama, Republik Indonesia berulang tahun ke-71. Medali emas tentunya jadi kado manis untuk masyarakat Tanah Air. Mantep!!

2. Hendra Setiawan dan Markis Kido (2008) – Bulu Tangkis

Markis Kido - Hendra Setiawan

Di Olimpiade tahun 2008 yang berlangsung di Beijing-China, Indonesia mendapatkan satu emas, satu perak dan tiga perunggu. Indonesia sendiri pada saat Olimpiade 2008 berakhir berada di peringkat 42. Kali ini Hendra Setiawan dan Markis Kido sebagai “pahlawan” Indonesia.

Medali emas dibawa pulang setelah berhasil mengalahkan jagoan tuan rumah China, Cai Yun/Fu Haifeng, melalui pertarungan tiga game 12-21, 21-12, 21-16 pada tanggal 16 Agustus 2008. Mereka berhasil memberikan kado spesial medali emas kepada bangsa Indonesia yang esok harinya merayakan HUT RI ke 63. Hampir mirip-mirip denganĀ  Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir yang juga memberikan kado spesial di HUT RI ya!? Mantep!!

3. Taufik Hidayat (2004) – Bulu Tangkis

Taufik Hidayat

Taufik Hidayat mempersembahkan satu-satunya medali emas untuk kontingen dari cabang bulu tangkis dan juga Indonesia di arena Olimpiade Athena 2004 dengan menjuarai nomor tunggal putra. Di babak final, pemain flamboyan itu mengalahkan unggulan ketujuh dari Korea Selatan, Shon Seung-mo, dalam pertarungan dua set 15-8, 15-7.

Di Olimpiade tahun 2004 yang berlangsung di Athena – Yunani, Indonesia mendapatkan satu emas, satu perak dan dua perunggu. Indonesia sendiri pada saat Olimpiade 2004 berakhir berada di peringkat 48.

4. Tony Gunawan dan Candra Wijaya (2000) – Bulu Tangkis

Tony Gunawan dan Candra Wijaya

Lagi-lagi dari olahraga bulu tangkis yang menjadi “pendulang” medali emas pada Olimpiade tahun 2000 di Sydney – Australia.

Di Australia, Indonesia meraih enam medali, merupakan perolehan medali terbanyak perolehan medali Indonesia di olimpiade.Yaitu satu emas, dua perak dan tiga perunggu.

Bulutangkis menyumbangkan emas melalui ganda putra Tony Gunawan dan Candra Wijaya. Di ganda campuran Tri Kusharjanto dan Minarti Timur meraih perak, begitu pula Hendrawan di tunggal putra.

Yup, Tony Gunawan dan Candra Wijaya mempersembahkan emas untuk Indonesia setelah mengalahkan pasangan Korea Selatan Lee Dong-soo dan Yoo Yong-sung.

5. Rexy Mainaky dan Ricky Subagja (1996) – Bulu Tangkis

Rexy Mainaky dan Ricky Subagja

Emas Indonesia berhasil direbut pada Olimpiade 1996 melalui cabang bulu tangkis. Yup, melalui ganda Indonesia Rexy Mainaky dan Ricky Subagja yang berhasil mengalahkan ganda Malaysia Cheah Soon Kit dan Yap Kim Hock pada partai final.

6. Alan Budikusuma dan Susi Susanti (1992) – Bulu Tangkis

Alan Budikusuma dan Susi Susanti

Bulutangkis menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan sejak tahun 1992 saat Olimpiade Barcelona. Dan saat itulah Indonesia untuk pertama kalinya mendapatkan medali bahkan medali emas. Saat itu Indonesia mendapatkan 2 medali emas dari pemain tunggal putri, Susi Susanti dan dari pemain tunggal putra Alan Budi Kusuma.

Pada Olimpiade 1992, seluruh medali Indonesia dipersembahkan dari cabang olahraga bulu tangkis. Selain medali emas pebulutangkis Indonesia juga mempersembahkan 2 medali perak dan 1 medali perunggu.


Wah, ternyata sejak tahun 1992 sampai tahun 2016 cabang bulu tangkis adalah cabang olahraga andalan Indonesia untuk mendulang medali emas ya!? Cabang Olahraga lain yang pernah meraih medali adalah angkat besi (sejak tahun 2000-2016) dan panahan (tahun 1988).

Sejak tahun 1952 pertama kali Indonesia mengikuti Olimpiade sampai tahun 2016, Indonesia total mengkoleksi 28 medali (7 emas, 10 perak, 11 perunggu). Hmm.. mudah-mudahan semakin banyak koleksi medali olimpiade Indonesia di tahun-tahun mendatang ya!? Ayo semangat para pemuda dan atlet Indonesia!!

Atlet Indonesia Peraih Medali Emas Olimpiade, emang mantep!!

Artikel Mantep Lainnya

TInggalkan Komentar Mantepmu!