6 Universitas Luar Negeri Dengan Mata Kuliah Bahasa Indonesia

6 Universitas Luar Negeri Dengan Mata Kuliah Bahasa Indonesia

Sumpah Pemuda

Kesatoe: Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedoea: Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga: Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Yup, diatas adalah isi dari Sumpah Pemuda, sebuah keputusan yang diikrarkan saat kongres pemuda kedua tanggal 27-28 Oktober 1928 di Jakarta, peristiwa bersejarah di Indonesia yang merupakan tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Keputusan ini menegaskan cita-cita akan ada “tanah air Indonesia”, “bangsa Indonesia”, dan “bahasa Indonesia”.

Bahasa Indonesia, disebut sebagai bahasa persatuan bangsa Indonesia dikarenakan negara kita adalah negara yang sangat kaya dan terdiri dari beragam budaya dan bahasa yang tersebar dari sabang sampai merauke.

Nah, dikarenakan “hebatnya” sejarah bahasa Indonesia yang berhasil membawa bangsa Indonesia meraih kemerdekaannya. Ternyata lambat laun bahasa kita ini mulai menarik dan dipelajari oleh masyarakat luar negeri lho. Malah di beberapa negara, bahasa Indonesia menjadi mata kuliah pada beberapa universitas di negara tersebut.

Berikut 6 universitas luar negeri dengan mata kuliah bahasa Indonesia :

1. Tokyo University of Foreign Studies, Jepang

 6 Universitas Luar Negeri Dengan Mata Kuliah Bahasa Indonesia - Tokyo University of Foreign Studiessumber : lonelyplanet.com

Tokyo University of  Foreign Studies (TUFS) selama ini terkenal sebagai pusat kajian internasional, penelitian dan pertukaran dosen sedunia. Nggak cuma itu, kampus yang berada di Asahicho, Fuchu, Tokyo ini juga dikenal sebagai salah satu dari lima universitas terkemuka di dunia dalam bidang bahasa asing.

 
Di universitas ini terdapat 26 bahasa asing yang diajarkan, salah satunya adalah Bahasa Indonesia. Nggak mengherankan dong, dari 26 jurusan yang mengkaji bahasa asing dari berbagai negara, Bahasa Indonesia menjadi salah satu yang dipelajari di kampus ini. Keren ya?

 
Bahasa Indonesia sendiri termasuk dalam program studi Asia Tenggara, bersama dengan tujuh negara lainnya. Asal kamu tahu, nggak banyak mahasiswa yang bisa diterima belajar Bahasa Indonesia di kampus ini lho. Dalam setahun TUFS hanya akan menerima 18 mahasiswa yang akan diajari mulai dari dasar, membaca serta menulis Bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Di samping itu, ada pula universitaslain di Jepang  yang membuka jurusan bahasa Indonesia seperti Universitas Kajian Asing Tokyo, Universitas Tenri, Universitas Kajian Asing Osaka, Universitas Sango Kyoto, dan Universitas Setsunan.

2. University of Shouthern Queensland, Australia

University of Shouthern Queensland

sumber : wikipedia.org

Di kampus ini Bahasa Indonesia dipelajari secara menyeluruh dalam program Bachelor of Arts (Indonesian Language). Nah, bagi mahasiswa yang kebetulan mengambil jurusan ini, maka mereka akan belajar mengenai banyak hal mengenai Bahasa Indonesia, mulai dari kosa kata, struktur bahasa, menulis, membaca sampai berbicara menggunakan Bahasa Indonesia.

Kegiatan belajar juga nggak melulu dilakukan dengan membaca buku doang lho, mahasiswa juga bisa belajar Bahasa Indonesia melalui majalah serta literatur populer lainnya juga kok. Keren kan?

Siapapun bisa masuk jurusan ini, meskipun nggak lancar berbahasa Indonesia. Karena mereka semua akan mempelajari dari dasar untuk memahami Bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Tahu ga? Bahasa Indonesia menjadi bahasa populer ke-4 di Australia lho.

3. Taras Shevchenko National University of Kyiv, Ukraina

Taras Shevchenko National university of kyiv

Sumber : silveoak.com

Bahasa Indonesia merupakan program studi yang masih cukup baru dipelajari di kampus ini, tepatnya dimulai sejak tahun ajaran 2012/2013.

Bahasa Indonesia sendiri merupakan program studi yang dibuka oleh Institute Philology dari Taras Shevcenko National University of Kyiv, yang saat pembukaannya, jurusan satu ini sangat didukung secara penuh oleh Kedutaan Indonesia untuk Ukraina lho.

Salah satu bentuk dukungan pemerintah Indonesia adalah dengan membuka pusat kajian Bahasa Indonesia, mahasiswa juga berkesempatan untuk mengikuti Darmasiswa, program beasiswa yang digelar pemerintah Indonesia untuk para mahasiswa asing.

4. Hankuk Univeristy of Foreign Studies, Korea Selatan

Hankuk Univeristy of Foreign Studies

sumber : korea-education.kz

Ternyata, nggak cuma orang Indonesia doang yang tertarik dengan budaya Korea, penduduk Korea Selatan juga ternyata memiliki ketertarikan yang cukup besar terhadap Bahasa Indonesia serta budaya yang berkembang di negara kita tercinta ini.

Oleh karena itu, salah satu kampus terbaik di Korea Selatan, Hankuk University of Foreign Studies (HUFS), yang berdiri sejak tahun 1954 ini membuka jurusan yang khusus mempelajari tentang Bahasa Indonesia. Nggak cuma satu tapi dua jurusan sekaligus, Department of Malay-Indonesia di College of Oriental Language serta Department of Malay-Indonesian Interpretation College of Interpretation and Translation.

Di Korea Selatan, negara yang kini menjadi pusat perhatian para remaja di Indonesia dan seluruh dunia karena budaya K-Pop dan serial dramanya, minat warganya terhadap bahasa Indonesia juga menjadi bukti bahwa bahasa ini telah diterima di sana.

Setiap tahun, pihak KBRI Seoul Korea Selatan menyelenggarakan lomba pidato menggunakan bahasa Indonesia khusus bagi masyarakat Korea Selatan. Antusiasme mereka untuk mengikuti lomba tersebut cukup tinggi.

Selain Hankuk University of foreign Studies, mata kuliah bahasa Indonesia juga terdapat di Busan University of Foreign Studies dan Universitas Woosong.

5. Hong Bang University, Vietnam

Hong Bang University

sumber : thanhniennews.com

Menurut seorang diplomat Indonesia, Pemerintah Kota Ho Chi Minh secara resmi mengumumkan bahasa Indonesia menjadi bahasa kedua di Kota Ho Chi Minh pada bulan Desember 2007.

Selain itu, menurut Konsul Jenderal Republik Indonesia periode 2007-2008, Irdamis Ahmad, bahasa Indonesia sejajar dengan bahasa Inggris, Perancis, dan Jepang sebagai bahasa kedua yang diutamakan di Kota Ho Chi Minh.

 
Oleh karena itu, Bahasa Indonesia juga menjadi salah satu mata kuliah yang diajarkan di universitas-universitas di Vietnam.  Universitas Hong Bang, Universitas Nasional HCMC, dan Universitas Sosial dan Humaniora adalah universitas yang menjadikan bahasa Indonesia sebagai salah satu mata kuliahnya.

6. Universitas Mohammed V, Maroko

Universitas Mohammed V

sumber : fsr.ac.ma

Di Maroko, pengajaran bahasa Indonesia telah diresmikan, yaitu di Universitas Mohammed V. Di universitas tersebut, Bahasa Indonesia menjadi salah satu mata kuliah pilihan dengan 4 SKS di samping bahasa lainnya seperti bahasa China, Jepang, Korea, Urdu, dan Turki. Dosen yang mengajar mata kuliah bahasa Indonesia di sana adalah dosen dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Pengajaran bahasa Indonesia di Universitas Mohammed V Maroko merupakan salah satu upaya peningkatan hubungan bilateral kedua negara tersebut, khususnya di bidang pendidikan.


Ayo fren, para pemuda, generasi penerus bangsa Indonesia. Apapun latar belakang dan pilihan profesimu, berprestasilah. Mari kita semakin meningkatkan kemampuan kita dan berprestasi internasional.

Dengan semakin banyaknya torehan-torehan prestasi anak bangsa yang diakui internasional, secara tidak langsung bahasa Indonesia akan semakin banyak dikenal dan dipergunakan masyarakat luar negeri dong. Dan bukan tidak mungkin, cita-cita Sumpah Pemuda yang menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan tidak hanya mempersatukan Indonesia, tapi bisa mempersatukan dunia.

Why not? Semua ada di pundak kita sebagai generasi Indonesia.:)

bahasa Indonesia, emang mantep!!

 

 

Artikel Mantep Lainnya

TInggalkan Komentar Mantepmu!