5 Tokoh Komik Jagoan Indonesia Klasik Yang Terkenal

Tokoh komik Indonesia Klasik Terkenal

Dahulu, bagi anak-anak generasi dibawah tahun 2000, dimana hiburan bagi anak-anak pada saat itu tidak selengkap dan secanggih seperti generasi saat ini. Dimana belum ada internet, game online, play station dan lain-lain. Termasuk belum ada tayangan film superhero yang canggih semacam Batman, Spiderman, Superman dan lain-lain. Ternyata anak-anak generasi dibawah tahun 2000 an juga sudah memiliki tokoh-tokoh komik jagoan Indonesia klasik yang terkenal lho.

Wah, siapa saja ya tokoh komik Indonesia yang menjadi idola anak-anak muda pada generasi dibawah tahun 2000!? ingin tahu!? Kamu bisa simak beberapa tokoh-tokoh tersebut dibawah ini :

1. Aquanus

Tokoh Komik Jagoan Indonesia Klasik Yang Terkenal - Aquanus

Tokoh superhero yang satu ini juga termasuk pelopor munculnya tokoh – tokoh superhero di Indonesia. Sama seperti Godam, tokoh Aquanus juga berasal dari komik karya Wid NS yang muncul di tahun 1968 dengan judul Aquanus di Planet Vibhy.

Cerita superhero Aquanus ini berawal ketika terjadi penyerangan bangsa Burbur ke planet Zyba, putra angkat Raja Sving yang masih bayi dilarikan dengan sebuah roket ke luar angkasa namun, sayangnya roket tersebut jatuh ke lautan di planet bumi. Keluarga pemburu paus memelihara bayi tersebut yang diberi nama Dhanus.

Karena bangsa Zyba merupakan bangsa yang dapat hidup di darat dan di air,  Dhanus pun dapat dengan mudah menyelam ke dasar laut. Sampai suatu ketika Dhanus bertemu dengan seseorang di dasar laut yang berasal dari planet Zyba dan memberinya sabuk sinar pelangi. Sabuk itu lah yang menjadi senjata Aquanus. Nama Aquanus sendiri diambil dari Aqua yang berarti air dan nus dari Dhanus.

2. Godam

Godam

Godam atau dijuluki sebagai manusia besi ini merupakan hasil karya Wid NS selanjutnya yang muncul di tahun 1969 lewat komiknya yang berjudul “Memburu Doktor Setan”.

Godam aslinya merupakan seorang manusia biasa bernama Awang yang memiliki profesi tidak menentu dan tidak memiliki keahlian khusus, namun memiliki kepribadian luhur dan ini lah yang menjadi faktor utama dia dipercaya dan diberi sebuah cincin oleh seseorang yang dijuluki sebagai Bapak Kebenaran.

Jika cincin tersebut ia kenakan akan membuat Awang berubah menjadi Godam dengan kekuatan saktinya. Kekuatan Godam antara lain bisa terbang dan kebal terhadap serangan senjata apapun. Musuh yang dihadapi Godam juga beragam, mulai dari alien, robot raksasa hingga makhluk mistis yang bernama “Roh Setan”.

3. Gundala Putra Petir

Gundala Putra Petir

Superhero satu ini juga termasuk tokoh komik yang cukup senior karena Komik Gundala Putra Petir ini juga dirilis pada tahun 1969.

Kalau kamu pernah mengikuti jalan cerita superhero yang satu ini pasti langsung teringat dengan karakter The Flash, superhero asal Amerika. Memang tidak dipungkiri bahwa pencipta Gundala Putra Petir sendiri memang terinspirasi dari The Flash, mulai dari desain karakter sampai jenis kekuatannya.

Gundala sendiri merupakan seorang ilmuwan bernama Sancaka yang mendapatkan kekuatan dari raja petir bernama Kaisar Kronz. Sesuai dengan julukannya, Gundala memiliki kekuatan petir yang dapat keluar dari telapak tangannya, selain itu ia juga dapat berlari secepat angin. Sama seperti film superhero lainnya, Gundala Putra Petir juga terlibat love interest dengan seorang wanita bernama Minarti dan tak ketinggalan pertarungan melawan musuh bebuyutannya, Ghazul.

4. Panji Manusia Millenium

Panji Manusia Millenium

Buat kamu yang lahir di era 90-an mungkin sempat menyaksikan serial aksi superhero yang satu ini. Panji Manusia Millenium merupakan salah satu tokoh superhero asli Indonesia yang digemari pada masanya.

Superhero yang diperankan oleh aktor Primus Yustisio ini mendapatkan kekuatannya dari sebuah gelang super buatan seorang profesor. Dari gelang itu lah Panji berubah menjadi Manusia Millenium yang memberantas kejahatan dengan kekuatan yang dimilikinya.

Kalau kamu masih ingat, Panji Manusia Millenium ini juga memiliki beberapa musuh seperti Donclo, Nina Bobo, Si Muka Rusak dan Dorris. Selain membasmi kejahatan, dalam serial ini Panji Manusia Millenium juga memiliki kisah cinta dengan seorang gadis bernama Nadya yang diperankan oleh Tia Ivanka.

5. Saras 008

Saras 008

Ingat dengan sinetron Saras 008 yang ditayangkan salah satu stasiun televisi swasta pada tahun 1998? Serial superhero wanita bertopeng lengkap dengan kostum hitam putih ini sempat menjadi favorit anak – anak jaman dulu lho!

Selain versi sinetron di televisi, dikarenakan sangat populernya, Saras 008 juga memiliki seri komik yang tidak kalah serunya dengan versi sinetron di televisi.

Saras 008 memiliki nama asli Saraswati yang memiliki kekuatan super dari kucing kesayangannya yang telah mati. Lewat kekuatan supernya itu, Saras mempunyai kekuatan bela diri dan mampu mengeluarkan sinar laser dari matanya. Saras juga memiliki beberapa musuh yang harus ia kalahkan seperti Mr. Blek, Bil dan Bul.

Yang membuat saras 008 semakin menarik ialah jalan ceritanya yang tidak membosankan dan terdapat kekonyolan yang tidak terduga, sehingga sinetron ini tidak terlalu monoton untuk ditonton.


Nah, tidak kalah dengan jagoan luar negeri semacam spiderman, batman dan lain-lain kan? Dari karakter bertemakan superhero tersebut menjadi salah satu bukti bahwa Indonesia tidak kalah dalam penciptaan karakter superhero luar negeri ya!?

Selain tokoh komik jagoan Indonesia klasik yang terkenal, Indonesia di bidang animasi juga memiliki deretan film animasi yang dilirik dan cukup diperhitungkan di luar negeri lho.

Jagoan Indonesia klasik, emang manteb!!

Artikel Mantep Lainnya

TInggalkan Komentar Mantepmu!