Makanan Indonesia Yang Terkenal Di Luar Negeri

Ngomongin tentang makanan atau kuliner selalu saja menarik untuk dibahas dan diulas. Apalagi makanan made in Indonesia, seperti tidak ada habisnya. Bagaimana tidak, Indonesia dengan 35 provinsi saat ini, ribuan pulau, ribuan suku bangsa (data BPS 2015 ada 1.128) dan jumlah penduduk lebih dari 250 juta jiwa, tentunya juga memiliki ribuan nama atau jenis makanan, sangat kaya sekali bukan? Ada beberapa jenis makanan Indonesia yang terkenal di luar negeri, siapa saja “mereka” ? Kamu bisa melihat dibawah ini :

1. Bakso

Makanan Indonesia yang terkenal di luar negeri - Bakso

Kenapa bakso menjadi terkenal di luar negeri? salah satunya dikarenakan saat Presiden Barack Obama dari Amerika Serikat, yang pernah tinggal di Indonesia, melakukan kunjungan ke Indonesia November 2010 lalu. Dia  mengaku merindukan makanan favoritnya sewaktu kecil. Yak, itu adalah bakso. Makanan khas Indonesia itu membuatnya ingin segera pulang kampung. Ketika mengetahui bakso yang menjadi makanan kesukannya dijadikan hidangan saat dijamu makan malam oleh Presiden SBY, Obama sangat senang. “Thanks for bakso, nasi goreng, emping, kerupuk, semuanya enak,” ucapnya dalam bahasa Indonesia.

2. Sate

Sate

Sate Khas Indonesia cukup terkenal di luar negeri seperti Jepang dan Korea serta negara-negara Eropa dan Australia. Seperti saat Super Junior menggelar konsernya di Jakarta tiga hari berturut-turut 27-29 April 2012 secara khusus Menurut Sherwin Djajadi, Direktur Showmaxx Entertainment (pihak penyelenggara konser), mereka minta disediakan makanan-makanan khas Indonesia. “Mereka ingin makan satai ayam, nasi goreng, dan pisang. Pasti kami siapkan yang spesial untuk mereka,” kata Sherwin.

3. Nasi Goreng

nasi goreng

Terkenalnya Nasi Goreng di luar negeri selain dari pernyataan presiden Barack Obama yang menyebutkan namanya beberapa kali dan mengakui enaknya makanan yang satu ini. Salah satunya dapat juga kita ketahui dari pernyataan Hyde yang merupakan vokalis band asal Jepang, L’Arc-en-Ciel. Saat konferensi persnya menjelang konser di Indonesia pada 2 Mei 2012, menyatakan bahkan menyesal tidak sedari dulu menggelar konsernya di Indonesia. Karena apa? Ini karena ia sangat mengidamkan makan nasi goreng khas Indonesia. Ia bahkan berniat memburu nasi goreng sebelum menggelar konsernya. “Saya mau cari nasi goreng, tidak sabar saya,” ucap Hyde.

4. Rendang

Rendang

Coba lihat di sekeliling kamu, apa ada kota yang tidak memiliki rumah makan masakan Padang? Di tiap-tiap rumah makan Padang, rendang selalu menjadi makanan favorit pengunjung. Cita rasanya pekat berasal dari bumbu racikan dan daging sapi/ ayam yang direbus terus menerus menggunakan santan kelapa. Berkat kelezatannya, rendang menduduki peringkat pertama dalam daftar 50 Makanan Terlezat di Dunia yang dirilis oleh CNN Travel di tahun 2011.

5. Gado-Gado

Gado gado

Indonesian salad, itu sebutan para bule untuk gado-gado. Gado-gado artinya campur-campur. Campuran yang terdiri dari sayuran seperti jagung, labu, bayam, tahu, tempe, ketimun, taoge, kentang ini menjadi makanan kegemaran bule karena dijamin sehat dan rendah kalori. Yang membanggakan, gado-gado yang disajikan Paula Astrid Unu, juru masak Indonesia berhasil meraih juara satu pada kategori tampilan sajian estetika pada Lomba Masak Internasional (Liotorale Flegreo Nel Mondo) 2010, yang digelar di Napoli, Italia.


Sebenarnya masih sangat banyak lagi jenis dan makanan Khas Indonesia, malah ada bule yang juga seorang musisi beraliran punk rock asal Perancis Francois Xavier Renou alias Fransoa bikin lagu dengan judul “Aku Lapar “ yang isinya cuman nyebutin makanan atau masakan Indonesia. Ada sekitar 43 an jenis masakan/makanan Indonesia yang dia sebut disana. Dari sayur lodeh, empal goreng, mie kocok, pepes, kerupuk dan lain sebagainya. Mungkin karena sangking cintanya dengan masakan atau makanan Indonesia ya? Ga percaya? Coba aja cek akun youtube nya dengan key word “Aku Lapar Fransoa”.

Bule saja cinta Indonesia, kita harusnya lebih cinta pada tanah air Indonesia dong. Mantep to.. Mantep To.. 🙂

Makanan Indonesia, emang mantep!!

Artikel Mantep Lainnya

TInggalkan Komentar Mantepmu!