Ini Dia… 5 Lagu Indonesia Yang Ditiru Luar Negeri

5 lagu indonesia yang ditiru luar negeri

Sekarang ini, karya musik Indonesia memang telah banyak diakui oleh dunia, bahkan banyak sekali lagu-lagu Indonesia yang digemari di luar negeri. Wah, tentu kita patut bangga ya. Bahkan ternyata beberapa lagu Indonesia ternyata telah ditiru oleh luar negeri, baik itu dari aransemen lagunya, maupun liriknya itu sendiri telah diubah bahasanya ke bahasa negara yang menjiplaknya. Dan yang lebih keren lagi, beberapa lagu asal Indonesia  ini rela dibeli dengan harga yang tinggi. Walah, mantep banget ya. Penasaran? Ini dia… 5 lagu Indonesia yang ditiru luar negeri:

1. Cari Jodoh-Wali

Lagu Wali yang liris tahun 2009 ini diciptakan oleh Apoy dan sempat menduduki tangga lagu posisi pertama di berbagai acara seperti Dahsyat, Inbox, dan MTV Ampuh. Lagu ini juga berhasil menyabet juara nada sambung terlaris di Inbox Awards 2009.

Karena lagu ini banyak diminati dan dianggap dapat menarik banyak penggemar music diluar negeri, maka lagu ini akhirnya dibeli oleh musisi dari Malta bernama Fabrizio Faniello dan diubah bahasanya ke dalam bahasa Inggris menjadi “I No Can Do”. Lagu tiruan ini dirilis pada tahun 2010. Dan mantepnya lagi ternyata setelah ditiru, ternyata lagu ini selama 4 minggu mampu menduduki posisi teratas di Top 20 Eurovision, dan tetap bertahan dalam chart selama 32 minggu. Mantep deh!

2. Mungkin Nanti-Peterpan

Lagu dari Peterpan memang telah banyak menghipnotis pecinta music tanah air. Ya, itu memang karena lagu-lagu dari Peterpan memang keren. Saking kerennya, lagu-lagu band ini juga banyak disukai di luar negeri.

Salah satu penggemar lagu Peterpan adalah musisi Malaysia Single Track Mind. Ternyata musisi Malaysia ini juga meniru salah satu lagu terbaik Peterpan, “Mungkin Nanti”, yang rilis pada tahun 2004, dan diubah menjadi “One Day” dalam lirik bahasa Inggris. Lagu tiruan inipun dirilis pada tahun 2007. Lagu ini sempat menduduki Malaysian English Top 10 pada 28 Oktober 2007.

3. Sempurna-Andra & The Backbone

Lagu karya Andra & The Backbone ini memang begitu indah. Lagu ini dirilis tahun 2007 dan dipopulerkan oleh Gita Gutawa. Ternyata selain mendapat perhatian besar dari Indonesia sendiri, lagu ini juga disukai oleh luar negeri, hingga ditiru oleh seorang musisi ganteng keturunan China asal Malaysia yang telah tenar hingga Taiwan dan Korea, Nicholas Teo.

Nicholas Teo alis Nicholas Zang pun meminta izin untuk menyanyikan ulang lagu “Sempurna” tapi dialih bahasa menjadi bahasa Mandarin namun judulnya masih “Sempurna”. Namun aransemen dalam lagu ini diubah menjadi lebih dinamis, tidak lagi gitar yang mendominasi. Lagu ini kemudian dipopulerkan pada tahun 2009.

4. Hingga Akhir Waktu-Nine Ball

Nah, kalau artis luar yang meniru lagu keren ini mungkin kamu tahu. Cowok ganteng bersuara merdu dari Filipina, Christian Bautista. Ya, lagu dari band Nine Ball “Hingga Akhir Waktu” yang rilis tahun 2007 ini mampu memukau Christian Bautista.

Akhirnya, Christian pun mengubah lagu tersebut menjadi bahasa Inggris dengan sedikit perubahan pada aransemennya juga. Lagu “Hingga Akhir Waktu” menjadi “Till The End of Time” ternyata juga mampu membuat para pecinta lagu menggemari lagu tiruan itu.

5. Teman Tapi Mesra-Ratu

Ratu memang memiliki pesona di tanah air. Itu karena tidak hanya personilnya yang cantik-cantik, tapi juga karena lagu-lagunya dapat membuat para pecinta music menggilainya. Nah, kali ini luar negeri juga meniru salah satu lagu kerennya Ratu yang berjudul “Teman Tapi Mesra” yang rilis pada tahun 2005 dan berhasil menjadi lagu hits posisi atas di MTV Ampuh selama 3 bulan. Ternyata lagu ini sangat digemari di Malaysia hingga dalam waktu yang cukup lama mampu menjadi nada sambung nomor satu di negeri Jiran.

Alhasil, lagu ini dibeli oleh grup band cewek asal Swedia Ladiylike yang diproduseri oleh Edry Abdul Halim asal Malaysia. Lagu inipun dialih bahasakan ke dalam bahasa Inggris berjudul “Dreaming of The Time” dan rilis pada tahun 2011. Mantepnya lagi, ternyata lagu ini juga ditawar oleh musisi dari Taiwan dan Filipine, namun akhirnya Maia memutuskan untuk dijual kepada produser Malaysia.

 

Wah, karya musik anak bangsa memang patut diacungi jempol, karena memang terbukti dapat menarik perhatian para pecinta musik di luar negeri, sampai-sampai mereka meniru lagu Indonesia. 5 lagu Indonesia yang ditiru luar negeri diatas memang membuktikan jika lagu-lagu Indonesia banyak mendapat apresiasi tidak hanya dari dalam negeri, tapi juga luar negeri.

Lagu-lagu Indonesia emang mantep!!

 

Sumber: sariwaran.com, id.wikipedia.org, wowmenariknya.com

Artikel Mantep Lainnya

TInggalkan Komentar Mantepmu!