5+ Artis Indonesia Yang Merangkap Menjadi Pengusaha

artis indonesia pengusaha

Ketika ada pertanyaan siapakah artis yang terkenal di Indonesia? Jawabanya pasti akan banyak sekali bukan? Artis yang terkenal dahulu di jaman ayah atau ibu kita, belum tentu saat ini masih eksis dengan bidang ke”artis”an-nya, kalaupun ada hanya beberapa artis saja yang di usia “senja” nya masih “laku” di bidang ke”artis”an-nya.

Yap, Seperti produk yang dijual di supermarket, pasti tercantum masa kadaluarsa atau expirednya. Begitupun keahlian atau kemampuan dari artis, semuanya akan tergantung dengan waktu dan faktor lain yang menyebabkan suatu saat sang artis akan meredup bahkan hilang kepopuleranya.

Jika sudah “tidak laku” dan tidak populer, bisa diartikan hilang pula sumber pendapatan dari sang artis bukan? Terus darimana mereka mendapatkan pemasukan untuk minimal memenuhi kebutuhan sehari-harinya? Jawabanya menjadi  sangat tergantung bagaimana si artis tersebut memanfaatkan masa kejayaanya untuk mempersiapkan masa “pensiunnya”. hehe

Ada beberapa artis yang dimasa kejayaanya menyadari hal tersebut dan dapat dibuktikan sampai saat ini si artis tidak hanya terkenal dari keartisanya, tapi juga terkenal juga sebagai pengusaha yang tergolong sukses loo..

Siapa saja mereka? Nah, berikut beberapa artis indonesia yang merangkap menjadi pengusaha dan mudah-mudahan bisa menjadi inspirasi kita semua  :

1. Inul Daratista

Artis Indonesia Yang Merangkap Pengusaha - Inul Daratista

Saat kamu searching di google sebelum tahun 2005 dengan kata kunci “Inul”, pasti yang keluar di list google berita tentang goyang ngebor, penyanyi dangdut dan hal – hal seputar itu bukan? Tapi diatas tahun 2005, saat kamu searching dengan kata kunci yang sama pasti kamu juga menemukan juga berita tentang Inul Vista.

Inul Vista adalah nama sebuah usaha studio karaoke yang saat ini memiliki cabang diseluruh Indonesia berjumlah lebih dari 100 outlet yang dimiliki oleh Inul Daratista. Wanita kelahiran 21 Januari 1979 yang bernama asli Ainur Rokhimah ini memang mengawali bisnis studio karaoke pada tahun 2005. Yaitu disaat masa kepopuleranya mulai meredup dikarenakan munculnya banyak penyanyi dangdut pendatang baru yang lebih muda dan lebih “laku” di jagat dunia dangdut tanah air.

Inul termasuk salah satu artis yang “sadar” bahwa kepopuleran suatu saat akan hilang seiring berjalanya waktu. Inul merupakan perintis bisnis karaoke di lingkungan artis yang tergolong sukses, malah bisa dibilang sangat sukses.  Inul mengaku mengawali bisnis tersebut sendiri dengan dibantu oleh Adam suaminya. Dari mulai memilih tempat, memilih nama usaha, konsep bisnis, operasional usahanya, design interior, memilih tim/karyawan sampai masalah perijinan dilakukan sendiri oleh Inul.

Totalitas, mungkin itu kata yang tepat untuk menggambarkan bagaimana Inul merintis usahanya. Saat ini siapa yang tidak tahu Inul Vista? Luar biasa sekali ya mbak Inul ini, sangat menginspirasi.

2. Christian Sugiono dan Titi Kamal

Titi Kamal dan Christian Sugiono

Wajah tampan dan cantik, berbakat, terkenal dan memiliki banyak penggemar ternyata tidak membuat pasangan suami istri Christian Sugiono dan Titi Kamal berpuas diri dengan karir di dunia hiburan. Pasangan tersebut saat ini juga dikenal sebagai Artis Indonesia yang merangkap pengusaha. Baik Cristian maupun Titi, baik sendiri maupun bersama-sama saat ini disibukkan dengan mengurus dan mengembangkan macam-macam usaha.

Sang suami, Christian Sugiono merupakan co-founder dan CEO dari situs MalesBanget.com (MBDC), yang merupakan situs berita-berita ringan sekaligus bernuansa humor. Situs tersebut dibangun pada tahun 2003 dan sempat vakum pada tahun 2006 karena Christian sedang fokus pada proyek lainnya. MBDC berhasil meraih minat banyak investor untuk menyuntikkan dananya.

Awalnya artis Titi Kamal hanya menjadi investor pasif di Sushi Miyabi Kalimalang, Depok, dan Tebet serta Warung Tekko Kemang. Selanjutnya bersama teman dan dan kakaknya, Titi mendirikian Titisari Catering yang melayani karyawan pabrik  dan karyawan harian. Menjaga rasa dan kualitas adalah inti dari kesuksesannya  mengembangkan bisnis kuliner.

Kini berpartner dengan sang suami, Christian Sugiono, Titi sedang mencoba peruntungan di bisnis properti dengan membangun town house. Wahhh….wahh… pasangan yang sangat kompak dan menginspirasi ya?

3. Daniel Mananta

Daniel Mananta

Selain sukses sebagai artis dan presenter, pria kelahiran Jakarta pada tanggal 14 Agustus 1981 tersebut juga memiliki usaha clothing yang sangat terkenal bernama “Damn I Love Indonesia”. Dengan menjunjung tinggi jiwa nasionalisnya, daniel memilih brand ini karena DAMN sebenernya itu singkatan dari Daniel Mananta. DA-nya Daniel, MN-nya Mananta.

Menurutnya, brand ini merupakan bukti nyata cintanya kepada Indonesia. Keren kan? Secara tidak langsung ia memperkenalkan Indonesia ke luar negeri. Apalagi sekarang kaos milik perusahaannya dikabarkan sudah mulai diekspor ke luar negeri.

4. Wulan Guritno

Wulan Guritno

Pemain film, presenter dan sinetron, Wulan Guritno pada tahun 2008 bermitra bersama beberapa temannya untuk mendirikan Spa Poetre Wax. Spa dengan nuansa Indonesia itu kini telah berkembang menjadi 20 cabang dengan sistem Franchise.

Tak berpuas diri dengan kesuksesan yang telah diraih, Wanita kelahiran London pada tanggal 14 April 1980 tersebut melebarkan sayap dengan berbisnis restoran Jepang Takigawa dan Es Krim Spiky Smooth. Menariknya para pembeli es krim ini cukup memesan secara online dan es krim pun siap diantarkan. Menurut artis cantik ini, terjun ke dalam bisnis kuliner dan minuman merupakan bidang usaha yang “nggak ada matinya”, karena tiap hari kita selalu membutuhkannya.

5. Maya Estianty

Maya Estianty

Pasca bercerai dengan artis papan atas Indonesia Ahmad Dhani, Musisi Maya Estianty tidak ingin semakin larut dalam kesedihan dan keterpurukan. Malah membuat semakin getol untuk berbisnis. Bisnis yang dijalankan diantaranya adalah label rekaman Le Moesiek Revole, Agensi Periklanan Revolitica, Lounge dan Karaoke Alegro yang menyasar pada kelas atas dan Mucelo yang membidik pada kelas menengah ke bawah, hingga perusahaan outsourching Persaels Indonesia . Wuihh, luar biasa sekali ya? Bukanya down dan terpuruk, malah semakin berkibar ya mbak satu ini. Saluuuut !!:)

Maya mengaku semua usaha yang dibangunnya adalah bentuk antisipasi menghadapi masa tua dirinya dan masa depan ketiga buah hatinya. Kini pentolan Duo Maia tersebut tengah melirik bisnis properti dan perabotan rumah tangga.


Dari artis-artis diatas, Artis Indonesia yang juga merangkap pengusaha diantaranya adalah Tommy Kurniawan, Rossa , Happy Salma, Sandra Dewi, Ferry Salim, Dewi Rezer, Tukul Arwana, Giring, Deddy Corbusier dan masih banyak lagi.

Bagaimana fren? Deretan artis yang merangkap pengusaha diatas sudah cukup memberikan kamu inspirasi dalam menjalani dan meningkatkan kualitas hidup ?

Apapun latar belakang dan profesi yang kita jalani dan tekuni saat ini, tidak ada salahnya kita juga mencontoh para artis diatas untuk juga merangkap menjadi pengusaha. Saat ini, setelah membaca artikel ini, minimal kita sudah harus mulai memikirkan untuk menjadi pengusaha juga dong. 🙂

Artis Indonesia Merangkap Pengusaha, emang mantep!! Sangat Menginspirasi!!

Artikel Mantep Lainnya

TInggalkan Komentar Mantepmu!