4 Pengalaman Masa Kecil Sri Mulyani yang Patut Ditiru

Berita yang menonjol di awal bulan ini yakni adanya sistem reshuffle di kementerian Republik Indonesia oleh Pak Jokowi. Suara tepuk tangan yang meriah menyambut kedatangan Ibu Sri kembali. Ibu Sri sebelumnya bekerja menjadi Managing Director dan Chief Operating Officer Bank Dunia. Beliau menjadi salah satu wanita yang memiliki karakter kuat sebagai pemimpin. Penasaran kan gimana bisa orang tuanya Ibu Sri mendidik putrinya menjadi seperti sekarang, ini diantaranya:

 

1. Mengutamakan Pendidikan

Resized-3GXCZ

Kata Ibu Sri Mulyani ini berawal dari didikan orang tuanya. Ayah-ibunya merupakan guru besar di Universitas Negeri Semarang. Beliau berdua menganjurkan anak-anaknya harus sukses dalam pendidikan agar kelak menjadi manusia yang terhormat. Contoh profesi yang layak dihormati secara sosial di jaman Bu Sri kecil yaitu dokter, insinyur, dan dosen. Sehingga semua saudara dari Ibu Sri telah menyelesaikan kuliah berjenjang master dan profesor dan kebanyakan berprofesi menjadi tenaga pendidik.

 

2. Selalu Bersama dan Bersatu

Resized-X264W

Hal ini terjadi karena finansial keluarga tidak terlalu menonjol. Dulu semasa kecil, Ibu Sri pernah tidur dengan 4 saudaranya dalam satu kamar. Bisa dibayangin kan, itu latihan yang cukup berat jika di masa sekarang. Pas waktu ngekos rasanya sekamar berdua terasa berat apalagi ini 4. Eh, ini kok malah curcol yaa, hehehe. Quality time yang terbaik bagi keluarga Bu Sri Mulyani yakni saat makan siang bersama. Setiap anak bercerita secara keseluruhan dari pengalaman yang dilaluinya, sehingga ada interaksi antara sesama anak dan orang tua di forum, dan terbentuklah pemikiran yang terbuka serta pemahaman moral dari orang tua.

 

3. Menghargai Lingkungan Sekitar

Resized-V7ERA

Sejak kecil sewaktu sekolah orang tuanya menganjurkan untuk mengikuti kegiatan diluar sekolah. Contohnya saja seperti voli, basket, hiking, pramuka, Palang Merah Remaja dan paduan suara. Ayahnya memiliki insting yang tinggi untuk melayani orang, dan memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi. Maka dari itu, ayahnya pernah menjabat menjadi dekan. Dari pengalaman orang tuanya sebagai panutan, Sri Mulyani dapat menunjukkan keberanian memberantas korupsi di departemen yang dipimpinnya.

 

4. Jujur dan Hidup Sederhana

Resized-RKVHW

Kebiasaan yang dicontohkan pada keluarga Ibu Sri Mulyani ialah membiasakan hidup sesuai yang dimiliki, tidak terlalu berangan-angan yang di luar kemampuan, tidak mengambil sesuatu milik orang lain, dan tidak materialistis. Ibunya memberikan contoh pada putra putrinya untuk tidak suka pada sesuatu yang berlebihan. Walaupun saat ini telah menggapai gelar bergengsi, tradisi meminta restu orang tua tetap dijalankan, sehingga secara psikologis memberikan energi yang positif.


 

Dari penjelasan di atas, kita dapat menarik benang merah dari kesuksesan Bu Sri Mulyani. Adapun dari pola asuh orang tua dapat memberikan kontribusi yang besar untuk pembentukan mental, sikap, dan sosial anak. Setidaknya kita dari generasi kekinian (ceileh) bisa mencontoh sikap dari salah satu figur anak bangsa yang dimiliki Indonesia. Memang Ibu Sri Mulyani ini, emang mantep!!

Artikel Mantep Lainnya

TInggalkan Komentar Mantepmu!