4+ Objek Wisata Islami di Indonesia yang Terkenal Sampai Mancanegara

Masjid Istiqlal

Bulan Ramadhan di Indonesia kali ini bebarengan dengan liburan sekolah, mantep coy. Bagaimana fren? Apa rencanamu dan keluarga mengisi liburan Ramadhan kali ini?

Mungkin kamu perlu menyimak sejenak objek wisata Islami di Indonesia yang terkenal sampai mancanegara dibawah ini sebagai alternatif mengisi liburan sekolah bersama keluarga sambil meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadahmu di Bulan Ramadhan yang mulia ini.:)

Kenapa recomended banget untuk disimak? Karena objek wisata di bawah ini juga merupakan simbol-simbol umat Islam di Indonesia yang menduduki peringkat pertama jumlah pemeluk Agama Islam di dunia. Kamu bisa berwisata sambil beribadah di bulan Ramadhan kali ini. Keren kan?

Berikut ini beberapa obyek wisata Islami di Indonesia yang terkenal sampai mancanegara yang bisa jadi referensi kamu berwisata sambil beribadah :

1. Masjid Istiqlal di Jakarta

4 Plus Plus Obyek Wisata Islami di Indonesia yang Terkenal Sampai Mancanegara - Masjid Istiqlal

Sumber : kanalpost.com

Masjid Istiqlal adalah masjid negara Republik Indonesia yang terletak di pusat ibukota Jakarta. Masjid Istiqlal merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara. Pembangunan masjid ini diprakarsai oleh Presiden Republik Indonesia saat itu, Ir. Soekarno di mana pemancangan batu pertama, sebagai tanda dimulainya pembangunan Masjid Istiqlal dilakukan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 24 Agustus 1951.

Selain Masjid Istiqlal, ada masjid-masjid kuno yang berasal dari masa perkembangan Islam di Indonesia yang menarik kunjungan wisatawan dari dalam dan luar negeri. Masjid tersebut antara lain : Masjid Demak di Demak (Jawa Tengah), Masjid Menara Kudus di Kudus (Jawa Tengah) ,Masjid Agung Banten, (Banten), Masjid Agung Kasepuhan Cirebon (Jawa Barat), Masjid Agung Jogja (DI Yogyakarta), Masjid Agung Surakarta (Jawa Tengah), Masjid Baiturrahman Aceh (NAD), dan lain-lain.

2. Keraton Kasultanan Yogyakarta di Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Sumber : jogjareservasi.com

Keraton Yogyakarta mulai didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1755. Selain itu, Keraton Yogyakarta memiliki berbagai warisan budaya baik berupa upacara maupun benda-benda kuno dan bersejarah yang masih terawat dengan baik sampai saat ini. Karena daya pikat dan daya tarik yang luar biasa, pada tahun 1995 Komplek Keraton Yogyakarta dicalonkan untuk menjadi salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO lo, mantep kan?

Selain Keraton Kasultanan Yogyakarta, obyek wisata Islami di Indonesia berbasis kerajaan Islam adalah : Keraton Kesultanan Aceh, Keraton Kesultanan Delhi, Istana Maimun di Medan, Keraton Kasepuhan Cirebon, Keraton Kanoman Cirebon, Keraton Kasultanan Yogyakarta, Keraton Pakualaman Yogyakarta, Keraton Kasunanan Surakarta, Keraton Mangkunegaran Surakarta, Keraton Raja Gowa, Makassar, Istana Kerajaan Ternate, Maluku Utara, dan lain-lain.

3. Masjid dan Makam Sunan Ampel di Surabaya

Masjid dan Makam Sunan Ampel

Sumber : pelakuwisata.blogspot.com

Masjid yang dikenal sebagai masjid terbesar nomor dua di Surabaya ini, kini tidak henti-hentinya diramaikan para peziarah yang ingin melihat langsung makam Sunan Ampel yang terletak di kompleks Masjid tersebut dari dekat. Bahkan setiap menjelang dan selama Ramadhan makam dan masjid Sunan Ampel selalu dipadati pengunjung. Di tempat ini, konon kabarnya menjadi tempat berkumpulnya para ulama dan Wali Allah dari berbagai daerah di tanah Jawa.

Selain Makam dan Masjid Sunan Ampel, obyek wisata islami di Indonesia berbasis makam dan masjid adalah : Makam Sunan Bayat di Klaten, Makam Malik Al Saleh di Samudra Pasai, Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim di Gresik, Makam Sunan Giri di Gresik, Makam Sunan Kudus di Kudus, Makam Sunan Muria di Jepara, Makam Sunan Kalijaga di Demak, Makam Sunan Bonang di Tuban, Makam Sunan Drajat di Lamongan, Makam Sunan Gunung Jati di Cirebon, dan lain-lain.

4. Museum Bait Al Qur’an Al Akbar di Palembang

Museum Al Quran

Sumber : infoceng.blogspot.com

Pernah kah kalian melihat Al Qur’an yang ukurannya raksasa alias gede banget? Ternyata Al Qur’an terbesar di dunia itu ada di Indonesia loh. Tepatnya di Museum Bait Al Qur’an Al Akbar Palembang, Sumatera Selatan. Al Qur’an ini sudah tercatat di World Record MURI sebagai Al Qur’an yang terbuat dari kayu terbesar di dunia. Pada tahun 2012 Al Qur’an raksasa ini diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudoyono.

Total dana yang dihabiskan sebesar Rp. 2 milyar rupiah yang merupakan hasil sumbangan dari para donatur dan uang pribadi para ulama di Palembang. Al Qur’an raksasa ini terdiri dari 630 halaman yang dilengkapi dengan tajwid dan do’a khataman bagi pemula. Museum Bait Al Qur’an Al Akbar ini bisa menjadi tempat pilihan wisata religi di kota Palembang. Oh iya, Museum Bait Al Qur’an ini juga sering dipergunakan untuk event-event internasional loo..


Nah itu tadi  4+ obyek wisata Islami Indonesia yang terkenal sampai mancanegara. Semoga bisa menjadi pilihan liburan sambil ibadahmu di Bulan ramadhan yang mulia ini ya? Liburan, refreshing, ibadah, foto-foto, nambah ilmu dan pengetahuan… nikmat mana lagi yang kau dustakan? 🙂

Tempat Wisata Islami Indonesia, emang mantep!!

Artikel Mantep Lainnya

TInggalkan Komentar Mantepmu!